Momen Libur Sekolah, Bunga Bangkai Amorphophallus Titanum Becc Mekar Sempurna di Kebun Raya Cibodas

Minggu, 09 Juli 2023 – 15:30 WIB
Momen Libur Sekolah, Bunga Bangkai Amorphophallus Titanum Becc Mekar Sempurna di Kebun Raya Cibodas - JPNN.com Jabar
Amorphophallus titanum Becc atau lebih dikenal dengan bunga bangkai, mekar sempurna di Kebun Raya Cibodas, Bogor. Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Salah satu koleksi Kebun Raya Cibodas, yakni Amorphophallus titanum Becc atau yang lebih dikenal dengan bunga bangkai ini mekar kembali untuk yang kedua kalinya di tahun ini.

Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Destri mengatakan hasil pemantauan dari unit registrasi, pengelolaan koleksi ilmiah Kebun Raya Cibodas, awal mula tunas bunga ini teramati pada 4 Mei 2023.

Bunga ini terlihat mekar sempurna tepat pada Sabtu (8/7) pukul 09.30 WIB dengan tinggi 136 sentimeter dan diameter spata 54 sentimeter.

Hampir sama dengan bunga yang sebelumnya mekar pada April 2023 lalu, ketinggian bunga ini pun tidak mencapai 3 meter.

Destri menuturkan bunga yang kali ini mekar memiliki pertumbuhan yang tidak normal.

“Kemungkinan ada penurunan kualitas media sehingga bunga yang mekar kali ini tidak setinggi dengan yang mekar sebelumnya (2015 dan 2019) yaitu mencapai hampir 3 meter,” kata Destri dalam keterangannya, Minggu (9/7).

Oleh karena itu perlu dilakukan tindakan untuk memperbaiki kondisi media agar kembali gembur dan subur dengan prioritas dan kandungan bahan organik sesuai dengan kebutuhan tanaman koleksi.

Bunga yang mekar kali ini, disemai tahun 2000 dan ditanam pada 2004. Bijinya berasal dari tanaman koleksi No 28 yang berasal dari Sungai Manau, Batang Suliti, Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Sumatera Barat.

Bunga bangkai atau Amorphophallus titanium Becc, salah satu koleksi tanaman di Kebun Raya Cibodas ini mekar sempurna pada Sabtu (8/7) di momen libur sekolah.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News