Gegara Hal Ini Menhub Budi Minta Tol Cipali dan Cisumdawu Jadi Perhatian Petugas di Lapangan

Minggu, 31 Maret 2024 – 16:30 WIB
Gegara Hal Ini Menhub Budi Minta Tol Cipali dan Cisumdawu Jadi Perhatian Petugas di Lapangan - JPNN.com Jabar
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi seusai Rapat Koordinasi Persiapan Angkutan Lebaran Tahun 2024/1445 Hijriah di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (31/3). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta petugas kepolisian dan stakeholder terkait memberi perhatian khusus di Tol Cipali dan Cisumdawu saat momen arus mudik Lebaran 2024.

Sebabnya, ada perlambatan-perlambatan dan bottleneck di ruas jalan tol tersebut. 

"Ada beberapa yang saya sampaikan yang harus menjadi satu perhatian. Kita tahu bersama bahwa Cipali tetap dua jalur, Cisumdawu akan beroperasi sehingga di KM 152 itu terjadi suatu kontraksi sehingga perlu manajemen yang khusus," kata Budi seusai Rapat Koordinasi Persiapan Angkutan Lebaran Tahun 2024/1445 Hijriah di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (31/3). 

Kata Budi, untuk mengantisipasi kemacetan yang terjadi, ia pun meminta agar Polri dan Jasa Marga agar memperhitungkan kendaraan yang kemungkinan melintas di Tol Cipali dan Cisumdawu. 

Kemudian, hal lain yang dibahas ialah mengantisipasi kemacetan di jalur utara yang disebabkan oleh pasar tumpah hingga operasional angkutan delman. 

Kata Budi, saat momen Idulfitri, kedua aktivitas tersebut tidak bisa langsung dilarang.

Maka dari itu, diperlukan adanya program CSR atau bantuan yang diberikan kepada pedagang dan pengusaha delman agar mau menghentikan sementara aktivitasnya saat puncak arus mudik. 

"Memberikan suatu policy berkaitan dengan pasar tumpah dan kendaraan delman dengan polisi memberikan CSR, karena kita tidak boleh menghilangkan rezeki mereka, kita tetap lakukan," ujarnya. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta petugas kepolisian dan stakeholder terkait memberi perhatian khusus di Tol Cipali dan Cisumdawu saat arus mudik.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News