Menjelang Lebaran, Bulog Pastikan Stok Beras di Jabar Aman

Rabu, 27 Maret 2024 – 18:30 WIB
Menjelang Lebaran, Bulog Pastikan Stok Beras di Jabar Aman - JPNN.com Jabar
Masyarakat membeli beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang disediakan pemerintah dalam Bulog Siaga di Kantor Perum Bulog Jabar. Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Perum Bulog Wilayah Jawa Barat memastikan stok pangan menjelang Hari Raya Idulfitri masih aman dan tercukupi. 

Pemimpin Bulog Wilayah Jabar M Atta Rizal mengatakan, menjelang lebaran, stok beras saat ini masih ada 69.000 ton. 

Stok tersebut terdiri dari stok CBP sebanyak 24.300 ton yang berada di gudang-gudang Bulog, stok dalam proses bongkar 5.600 ton, dan stok dalam perjalanan 391.100 ton.

"Stok tersebut masih mencukupi hingga beberapa bulan ke depan, yang penggunaannya untuk kegiatan penyaluran beras SPHP di pasar tradisional maupun ritel modern, serta untuk kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM), Bulog Siaga, dan penyaluran Bantuan Pangan," kata Atta dalam keterangannya, Rabu (27/3).

Adapun selain dari stok yang tersedia tersebut, Bulog Jabar juga akan mengoptimalkan pengadaan beras dari dalam negeri, pada masa panen nanti.

Untuk wilayah Jawa Barat, masa panen diperkirakan akan terjadi di bulan April hingga Mei nanti.

"Masa panen ini mundur karena kekeringan dampak El Nino. Tapi, dengan memasuki masa panen nanti, dipastikan stok kita akan terus bertambah," tuturnya. 

Sementara itu, Perum Bulog Jabar terus menggencarkan program 'Bulog Siaga' (aksi amankan harga). Langkah ini dilakukan dalam rangka menjaga stabilitas harga pangan menjelang Idulfitri. 

Stok berat sebanyak 69.000 ton masih tersedia di gudang Perum Bulog Jawa Barat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News