Terminal Jatijajar Gunakan Energi PLTS, Hemat Listrik hingga 40 Persen!

Rabu, 27 Maret 2024 – 14:00 WIB
Terminal Jatijajar Gunakan Energi PLTS, Hemat Listrik hingga 40 Persen! - JPNN.com Jabar
Potret PLTS di Terminal Jatijajar, Kota Depok. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN

jabar.jpnn.com, DEPOK - Terminal Jatijajar gunakan teknologi energi terbarukan berupa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk memenuhi kebutuhan listrik per Januari 2024.

Kepala Terminal Jatijajar, Asri Sinuraya mengatakan ini merupakan alih fungsi dari listrik umum PLN menjadi PLTS.

“Saat ini kami gunakan energi listrik dari cahaya matahari, yang kemudian dikonversikan untuk menjadi daya di terminal ini," ucapnya.

Asri menjelaskan PLTS ini menghasilkan daya mencapai 100 Kwh, dan dianggap bisa memenuhi kebutuhan listrik di area Terminal Jatijajar.

“Ini sudah bisa memenuhi kebutuban di seluruh area terminal," terangnya.

Namun, Asri mengatakan bahwa pasokan listrik PLN juga masih digunakan, lantaran sistem yang diterapkan yakni hybrid.

“Daya yang dihasilkan dari cahaya matahari cukup besar, kemudian energi tersebut tersimpan dalam baterai. Tetapi, jika kondisi musim hujan daya yang dihasilkan kurang memenuhi kebutuhan di terminal, otomatis pakai pasokan listrik PLN," jelasnya.

Asri menerangakan bahwa PLTS Terminal Jatijajar sudah beroperiasi sejak Januari 2024, dan ini merupakan inisiatif dari BPTJ Kementerian Perhubungan dalam menerapkan energi terbarukan di fasilitas publik.

Terminal Jatijajar gunakan teknologi energi terbarukan berupa PLTS sejak Januari 2024. Hal ini dinilai dapat menghemat listrik hingga 40 persen.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News