Pemkab Purwakarta Pastikan Ribuan Penerangan Jalan di Jalur Mudik Aman

Rabu, 27 Maret 2024 – 07:00 WIB
Pemkab Purwakarta Pastikan Ribuan Penerangan Jalan di Jalur Mudik Aman - JPNN.com Jabar
Ilustrasi penerangan jalan umum (PJU). Foto: Lutviatul Fuziah/JPNN.com

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta memastikan seluruh jalur mudik lebaran di wilayah Purwakarta sudah dilengkapi lampu penerangan jalan umum (PJU).

Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Purwakarta, Dian Ardiansyah menyampaikan bahwa setiap tahun pihaknya mengalokasikan anggaran untuk sarana penerangan umum.

"Sarana penerangan jalan ini sudah terpasang di sejumlah titik. Termasuk di jalur yang akan dilintasi para pemudik pada musim mudik lebaran tahun ini," katanya.

Menurut dia, penerangan jalan di wilayah Purwakarta terbagi dalam berbagai kategori. Di antaranya penerangan jalan umum (PJU), penerangan jalan lingkungan (PJL), penerangan lampion karakter, dan penerangan lampion tirai.

Khusus untuk penerangan jalan yang menjadi kewenangan instansinya, sejak 2012 lalu itu sudah terpasang 3.943 titik kategori penerangan jalan lingkungan (PJL).

Kemudian, untuk penerangan karakter jumlahnya ada sekitar 358 titik. Salah satunya, tersebar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman.

"Bentuknya tak seperti penerangan jalan pada umumnya. Jadi, tiang lampu yang menjulang tinggi, dibalut cat putih dan dipermanis dengan bulatan berwarna emas di bagian tengahnya. Kemudian, persis di puncaknya diberi ornamen berbentuk Kujang sebagai penegas identitas kesundaan," katanya.

Selain PJU karakter, ada juga penerangan dengan hiasan lampion tirai. Untuk penerangan jenis ini, ada 95 titik yang tersebar di jalur perkotaan. Adapun tujuannya, untuk membuat suasana perkotaan menjadi lebih estetik.

Pemkab Purwakarta memastikan seluruh jalur mudik lebaran di wilayah Purwakarta sudah dilengkapi lampu penerangan jalan umum (PJU).
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News