Penuhi Stok Daging Sehat Selama Ramadan hingga Lebaran, Pemkab Purwakarta Vaksinasi Ribuan Hewan Ternak

Senin, 25 Maret 2024 – 15:30 WIB
Penuhi Stok Daging Sehat Selama Ramadan hingga Lebaran, Pemkab Purwakarta Vaksinasi Ribuan Hewan Ternak - JPNN.com Jabar
Petugas dari Kementan melaksanakan tes PCR bagi hewan untuk mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK). Foto: Humas Kementan

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta siap memenuhi ketersediaan daging sehat dan layak konsumsi selama bulan suci ramadan hingga lebaran 2024 dengan melakukan vaksinasi ribuan hewan ternak di Purwakarta.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Purwakarta, Siti Ida Hamidah mengatakan bahwa untuk kegiatan vaksinasi telah diterjunkan tim kesehatan hewan ternak ke semua lokasi peternakan milik masyarakat dan pasar hewan.

"Tim kesehatan hewan ternak dari Dinas kami terjunkan ke semua lokasi peternakan dan semua pasar hewan. Kami ingin memastikan semua hewan dalam kondisi sehat dan dagingnya layak konsumsi," katanya.

Hal tersebut dilakukan secara maksimal karena pada bulan ramadan hingga menjelang lebaran kebutuhan akan daging diperkirakan semakin tinggi.

Hingga kini ribuan hewan ternak di Purwakarta telah mendapatkan penyuntikan vaksin untuk mengatasi penularan dan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

Vaksinasi itu dilakukan terhadap hewan ternak sapi, kerbau, domba dan kambing. Tujuannya untuk memastikan ketersediaan daging sehat dan layak konsumsi selama bulan suci Ramadhan hingga puncaknya pada lebaran.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Purwakarta, Rudi Hartono menyebutkan bahwa langkah vaksinasi ribuan hewan ternak itu merupakan arahan Penjabat Bupati Benni Irwan kepada Dinas Peternakan dan Perikanan Purwakarta.

"Pj Bupati ingin memastikan ketersediaan daging sehat untuk konsumsi Ramadhan dan lebaran. Langkah vaksinasi itu juga sekaligus untuk memutus dan mencegah penularan dan penyebaran lebih luas penyakit PMK yang terjadi di daerah lain," katanya.

Pemkab Purwakarta siap memenuhi ketersediaan daging sehat dan layak konsumsi selama bulan suci ramadan hingga lebaran dengan melakukan vaksinasi ribuan hewan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News