Pastikan Kualitas Daging Aman Saat Lebaran, Pemkab Purwakarta Sebar Tim Kesehatan Hewan

Selasa, 26 Maret 2024 – 21:30 WIB
Pastikan Kualitas Daging Aman Saat Lebaran, Pemkab Purwakarta Sebar Tim Kesehatan Hewan - JPNN.com Jabar
Ilustrasi pasar hewan. Foto: Antara

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta menyebar tim kesehatan hewan ternak ke pasar hewan sekitar Purwakarta, untuk memastikan semua hewan dalam kondisi sehat dagingnya layak konsumsi pada momen menjelang lebaran.

"Menjelang lebaran, kami telah menurunkan tim kesehatan hewan ke semua pasar hewan untuk melakukan vaksinasi hewan ternak," kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Purwakarta, Siti Ida Hamidah, di Purwakarta, Selasa (26/3).

Ia menyebutkan ada lima tim kesehatan hewan yang diturunkan guna melakukan vaksinasi ke semua lokasi peternakan milik masyarakat di sekitar Purwakarta.

Biasanya setiap menjelang lebaran, cukup tinggi kebutuhan masyarakat terhadap daging. Dari catatan Dinas Peternakan setempat setiap tahun sekitar 68.400 ekor hewan potong untuk kebutuhan masyarakat.

Atas hal tersebut, Dinas Peternakan dan Perikanan Purwakarta melakukan vaksinasi hewan, untuk memastikan bahwa semua hewan dalam kondisi sehat dagingnya layak untuk dikonsumsi.

Selain melakukan vaksinasi, kata Ida, tim kesehatan hewan juga melakukan monitoring dan pemeriksaan lalu lintas perdagangan hewan termasuk yang masuk ke Purwakarta.

"Pemeriksaan itu kita tempuh terhadap hewan-hewan ternak yang datang dari luar Purwakarta. Itu untuk mencegah agar kasus PMK yang terjadi di daerah lain tidak menyebar ke Purwakarta," katanya.

Pemeriksaan lalu lintas perdagangan hewan itu digelar di empat pasar hewan yang ada di Purwakarta. Di antaranya ialah Pasar Hewan Ciwareng yang berada di Kecamatan Babakancikao serta Pasar Hewan Citeko yang berlokasi di Kecamatan Plered.

Pemkab Purwakarta menyebar tim kesehatan hewan ternak ke pasar hewan untuk memastikan semua hewan dalam kondisi sehat menjelang lebaran.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News