Badan Geologi Laporkan Peningkatan Aktivitas Vulkanik Gunung Tangkuban Parahu 

Sabtu, 23 Maret 2024 – 21:30 WIB
Badan Geologi Laporkan Peningkatan Aktivitas Vulkanik Gunung Tangkuban Parahu  - JPNN.com Jabar
Kawah Ratu di Gunung Tangkuban Parahu. Foto: Bagus Ahmad Rizaldi/Antara

jabar.jpnn.com, BANDUNG BARAT - Badan Geologi melaporkan adanya peningkatan aktivitas Gunung Tangkuban Parahu pada 22 Maret 2024. 

Aktivitas vulkanik yang dimaksud yakni meningkatnya kejadian gempa pada gunung yang terletak di wilayah Bandung Barat dan Subang ini.

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Muhammad Wafid mengatakan, pada awal tahun 2024 ini terjadi beberapa kenaikan kegempaan di Gunung Tangkuban Parahu. 

Dalam catatannya, kenaikan kegempaan terjadi pada 28 Februari dengan dua gempa hembusan dan pada periode 4-7 Maret serta 21-22 Maret.

”Pada 21 dan 22 Maret terjadi kembali kenaikan kejadian gempa hembusan di Gunung Tangkuban Parahu yaitu pada tanggal 21 Maret 2024 sejumlah 24 gempa hembusan dan pada 22 Maret 2024 terekam 40 kejadian gempa hembusan,” kata Wafid dalam keterangannya, Sabtu (23/3). 

Ia menerangkan, hasil pengecekan ke sekitar Kawah Ratu, Kawah Ecoma, dan Kawah Domas pada 22 Maret, tidak ditemukan adanya perubahan maupun endapan material vulkanik baru pada ketiga kawah tersebut. 

Wafid juga mengungkap, perkembangan terakhir aktivitas Gunung Tangkuban Parahu hingga tanggal 22 Maret 2024 pukul 12.00 WIB. 

Hasilnya, aktivitas vulkanik Gunung Tangkuban Parahu didominasi oleh gempa-gempa dengan frekuensi rendah dan hembusan yang mengindikasikan aktivitas pergerakan fluida di kedalaman dangkal atau dekat permukaan. 

Badan Geologi melaporkan adanya peningkatan aktivitas Gunung Tangkuban Parahu pada 22 Maret 2024
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News