Polda Jabar Memetakan 63 Titik Rawan Bencana Banjir dan Tanah Longsor di Jalur Mudik Lebaran 2024

Jumat, 22 Maret 2024 – 19:30 WIB
Polda Jabar Memetakan 63 Titik Rawan Bencana Banjir dan Tanah Longsor di Jalur Mudik Lebaran 2024 - JPNN.com Jabar
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Jules A. Abast. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Polda Jabar memprediksikan ada sekitar 63 titik rawan bencana banjir, longsor, pohon tumbang, hingga jalan amblas di Jabar pada periode mudik tahun 2024.

Titik rawan tersebut tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Jabar, sehingga harus diwaspadai oleh para pemudik.

”Jadi lumayan banyak, dari hasil pemetaan kami ya, prediksi kami ada kurang lebih 63 titik,” kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Jules A. Abast dikonfrmasi, Jumat (22/3).

Jules menuturkan, titik rawan tersebut di antaranya Jalan Ir H Djuanda dan Gedebage di Kota Bandung, Jalan Raya Tajur dan Simpang Mbah Dalem di Kelurahan Batutulis di Kota Bogor. Kemudian, Jalan Raya Parung, hingga Jalan Raya Leuwiliang di Kabupaten Bogor.

”Di Kabupaten Bogor ada Puncak, ini juga rawan kan, rawan longsor, banjir, dan (jalan) amblas. Terus Jalan Raya Parung, Jalan Raya Leuwiliang, Jalan Jonggol, kemudian Jalan Ciawi – Sukabumi,” ujarnya.

Sebagai langkah antisipasi, kata Jules, polisi bakal memasang banner atau pun baliho berisi imbauan di titik yang dinilai rawan terjadi bencana.

Diharapkan, para pemudik bisa menaati imbaua tersebut dengan lebih berhati-hati.

Selain itu,polisi juga berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan pemerintah daerah setempat agar menyiapkan alat berat di titik rawan longsor.

Berikut 63 titik rawan bencana di jalur mudik yang dipetakan oleh Polda Jabar.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News