Mimpi Yana Mulyana Tiga Tahun Lagi Air Citarum Bisa Dikonsumsi

Kamis, 17 Maret 2022 – 22:00 WIB
Mimpi Yana Mulyana Tiga Tahun Lagi Air Citarum Bisa Dikonsumsi - JPNN.com Jabar
Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana. (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Progres perkembangan Sungai Citarum terus menunjukkan hasil yang positif. Diketahui saat ini status sungai tersebut berubah dari cemar berat menjadi cemar ringan. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berharap agar air sungai itu bisa segera dimanfaatkan untuk air minum.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana menuturkan, harapannya air Sungai Citarum dapat dikonsumsi masyarakat di tahun 2025. Oleh karena itu, Yana mengimbau supaya masyarakat bersama-sama menjaga kelestarian sungai terbesar di Jawa Barat itu.

“Setelah berjalan sekitar tiga tahun ini berjalan, dan Alhamdulillah kondisinya terus meningkat dari cemar berat ke cemar ringan,” ucap Yana di Bandung, Kamis (17/3).

“Juga masalah sampah. Kami perlu mengelolanya dengan bijak, sehingga masalah sampah dam juga air di Kota Bandung bisa selesai,” sambung Yana.

Selain itu, pentingnya pengelolaan sungai atau air dengan baik juga bisa dimanfaatkan untuk mengantisipasi kekeringan ketika musim kemarau.

Menurutnya, Pemkot Bandung berupaya menangani masalah air dengan program drumpori, serta membangun kolam retensi di beberapa titik sebagai sarana parkir air.

“Secara teori, (musim) hujan dalam setahun itu bisa memenuhi kebutuhan air kita. Katakanlah kemaraunya 7 bulan, (musim) hujannya 5 bulan. Selama musim hujan itu, kita bisa menabung air dengan cara memarkirnya,” kata Yana. (mcr27/jpnn)

Plt Walkot Yana Mulyana berharap tahun 2025 air Sungai Citarum sudah bisa dikonsumsi masyarakat, seiring statusnya yang sudah termasuk cemar ringan.

Redaktur : Ridwan Abdul Malik
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News