Survei Capres 2024, Elektabilitas Ridwan Kamil Tempel Prabowo di Jabar

Kamis, 17 Maret 2022 – 20:50 WIB
Survei Capres 2024, Elektabilitas Ridwan Kamil Tempel Prabowo di Jabar - JPNN.com Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil terus mendekati Prabowo Subianto dalam hasil survei elektabilitas di Pilpres 2024. (Foto: Dokumentasi Lembaga survei Charta Politika)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Hasil sigi Lembaga survei Charta Politika Indonesia di Jawa Barat menunjukkan tingginya angka kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kepuasan terhadap pria yang karib disapa Kang Emil ini lebih berada di angka 70 persen. Persentase ini jauh mengungguli kepuasan masyarakat terhadap pemerintah pusat di bawah Presiden Jokowi.

“Masyarakat Jabar lebih puas dengan kinerja pemerintahan provinsi dibandingkan dengan pemerintahan pusat,” demikian kesimpulan sigi yang diterima Kamis (17/3).

Survei ini mencoba membaca perilaku dan pilihan masyarakat terkait tiga aspek. Pertama, kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah pusat dan provinsi. Kedua, pengetahuan pelaksanaan Pemilu 2024, dan terakhir ialah elektabilitas pemilihan gubernur, presiden, wacana penundaan pemilu.

Namun pada hasil survei, hanya di Jabar elektabilitas eks Wali Kota Bandung itu menjadi yang tertinggi kedua, yaitu 20,8 persen.

Meskipun yang jadi pilihan tertinggi responden di Jabar adalah Prabowo Subianto dengan elektabilitas 24 persen.

Lebih lanjut, survei yang dilakukan pada 3-9 Februari 2022 ini dilakukan melalui wawancara langsung dan menggunakan kuisioner terstruktur.

Sementara metodologi yang dipakai adalah metode acak bertimgkat (multistage random sampling) pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei di Lampung melibatkan 800 responden dengan margin of error kurang lebih 3,46 persen.

Lembaga survei Charta Politika menunjukkan elektabilitas Ridwan Kamil mendekati Prabowo di Jabar. Hasilnya beda tipis.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News