100 Perahu Nelayan di Pantai Ujunggenteng Sukabumi Rusak Berat Gegara Diterjang Banjir Rob

Rabu, 13 Maret 2024 – 07:00 WIB
100 Perahu Nelayan di Pantai Ujunggenteng Sukabumi Rusak Berat Gegara Diterjang Banjir Rob - JPNN.com Jabar
Kondisi perahu nelayan hancur akibat diterjang gelombang tinggi dan banjir rob yang melanda wilayah pantai selatan Kabupaten Sukabumi, Jabar tepatnya di Pantai Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap. (ANTARA/Aditya Rohman)

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Banjir rob disertai gelombang tinggi yang menerjang pantai selatan Kabupaten Sukabumi sejak Senin (11/3) hingga Selasa (12/3) mengakibatkan 100 perahu milik nelayan Pantai Ujunggenteng mengalami kerusakan.

"Seratus perahu tersebut milik 26 orang nelayan yang tinggal di Kecamatan Ciracap, mayoritas kondisinya rusak berat," kata Ketua Rukun Nelayan Ujunggenteng Asep JK.

Menurut Asep, gelombang tinggi dan banjir rob tersebut terjadi sejak Senin sekitar pukul 18:00 WIB hingga puncaknya pada Selasa pukul 12:00 WIB.

Seratusan perahu yang ditambatkan di sekitar Pantai Ujunggenteng rusak berat, bahkan beberapa ada yang hancur hanya sebagian kecil saja yang terselamatkan.

Akibat kejadian ini, nelayan di Pantai Ujunggenteng tidak bisa melaut ditambah kondisi laut sedang tidak bersahabat seperti gelombang tinggi dan angin kencang.

"Kerugian yang dialami nelayan mencapai Rp3,6 miliar. Hingga saat ini kami masih melakukan pendataan terhadap jumlah perahu yang rusak, karena satu nelayan ada yang dua sampai delapan perahunya terdampak bencana tersebut," tambahnya.

Ia mengatakan tidak hanya perahu saja yang rusak tetapi sejumlah bedeng dan permukiman nelayan yang berada di pesisir pantai ikut terdampak.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Ciracap, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi dan lembaga terkait lainnya.

Sebanyak 100 perahu nelayan di Pantai Ujunggenteng Sukabumi rusak berat gegara diterjang banjir rob, akibatnya nelayan pun merugi hingga Rp3,6 miliar.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News