4 Tahun Menara Masjid Raya Bandung Ditutup, DKM Angkat Bicara

Selasa, 12 Maret 2024 – 13:10 WIB
4 Tahun Menara Masjid Raya Bandung Ditutup, DKM Angkat Bicara - JPNN.com Jabar
Menara Masjid Raya Bandung masih belum dibuka untuk umum. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Menara Masjid Raya Bandung sampai hari ini masih belum dibuka untuk umum. Penutupan menara itu sudah dilakukan sejak tahun 2020 atau saat masa pandemi Covid-19.

Empat tahun berlalu, menara dengan tinggi 81 meter itu masih juga belum kembali dioperasikan, meski pemerintah sudah mencabut masa darurat pandemi.

Ketua DKM Masjid Raya Bandung Ayi Hasyim Ashari mengatakan, ada sejumlah kendala yang menyebabkan pihaknya belum bisa membuka akses menuju menara masjid.

Salah satunya adalah kerusakan pada bagian lift yang dikarenakan tidak difungsikan dalam waktu yang cukup lama.

“Alasannya, kami lagi memproses. Kalau kemarin kan enggak dipakai karena Covid-19, nah setelah covid karena lama enggak dipakai, di liftnya memang harus perbaikan dan ada kerusakan, biayanya memang lumayan,” kata Ayi saat dihubungi, Selasa (12/3).

Ayi mengaku, perbaikan lift memakan biaya yang cukup besar, namun pihaknya tengah berusaha agar menara bisa segera beroperasi dan dikunjungi wisatawan.

Kendala berikutnya adalah izin dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) ihwal kelaikan lift. Pihaknya harus mengantongi kelayakan operasional lift untuk keselamatan pengunjung.

“Kami sedang persiapan, perbaikan dan mengurus izin ke Disnaker. Izin untuk kelaikan, ini untuk keselamatan,” tuturnya. 

Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) buka suara mengenai rencana pembukaan kembali menara Masjid Raya Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News