Ini Hasil Analisis Badan Geologi Mengenai Pergeseran Tanah di Rongga Bandung Barat

Jumat, 01 Maret 2024 – 15:00 WIB
Ini Hasil Analisis Badan Geologi Mengenai Pergeseran Tanah di Rongga Bandung Barat - JPNN.com Jabar
Pergeseran tanah menyebabkan puluhan rumah dan fasilitas umum terancam ambruk di Kampung Cigombong, RT 4 RW 13, Desa Cibedug, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Foto: dokumentasi BPBD Jabar

jabar.jpnn.com, BANDUNG BARAT - Puluhan rumah yang terletak di Kampung Cigombong, RT 4 RW 13, Desa Cibedug, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat terancam ambruk karena pergeseran tanah.

Tim Badan Geologi pun telah diturunkan ke lokasi bencana untuk melakukan analisis terhadap kondisi tanah.

Berdasarkan analisis yang dilakukan, Plt Kepala Badan Geologi M Wafid, mengatakan bahwa lokasi terjadinya bencana berada di wilayah perbukitan dengan kontur bergelombang dan tingkat kemiringan yang curam.

Adapun lokasi pergerakan tanah berada pada ketinggian 990 mdpl. Kemudian, terungkap juga bahwa daerah terjadinya bencana tersusun dari berbagai material.

"Daerah bencana tersusun oleh Formasi Cimandiri (Tmc) yang terdiri dari perselingan batu lempung, batu lanau dan batu pasir, setempat gampingan dan setempat meliputi endapan lahar yang tersusun dari tuf, breksi andesit, dan breksi tuf," kata dia melalui keterangan yang diterima pada Jumat (1/3).

Lalu, berdasarkan peta prakiraan bencana pergerakan tanah yang dirilis Badan Geologi, Kecamatan Rongga masuk ke dalam zona yang berpotensi terjadi gerakan tanah menengah hingga tinggi. Pergerakan tanah dapat terjadi bila hujan sedang mengguyur dengan intensitas tinggi.

"Artinya, daerah ini mempunyai potensi menengah hingga tinggi untuk terjadi gerakan tanah. Pada zona ini, dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, sedangkan gerakan tanah lama dapat aktif kembali," jelasnya.

Dengan demikian, didasarkan analisis yang dilakukan, terdapat sejumlah faktor yang diduga menjadi penyebab terjadinya bencana pergerakan tanah yakni lereng yang curam, kondisi tanah yang labil, hingga curah hujan tinggi yang mengguyur di sekitar lokasi bencana.

Begini analisis Badan Geologi mengenai kejadian pergeseran tanah yang terjadi di Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News