Begini Cara Pemkot Depok Kurangi Sampah Plastik di HPSN 2024

Rabu, 21 Februari 2024 – 16:30 WIB
Begini Cara Pemkot Depok Kurangi Sampah Plastik di HPSN 2024 - JPNN.com Jabar
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono saat menghadiri peringatan HPSN, di Lapangan Balai Kota Depok. Foto : Source for JPNN

jabar.jpnn.com, DEPOK - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), di Lapangan Balai Kota Depok, Rabu (21/2).

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (IBH) sebut pihaknya mendukung gerakan penanganan sampah untuk mengurangi jumlah sampah plastik.

Dirinya menuturkan berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) tahun 2023, jumlah sampah plastik di Indonesia mencapai 12,87 ton per tahun.

“Penanganan sampah atau menangani sampah plastik dengan cara produktif ini juga sesuatu yang harus kita sambut bersama di pemerintahan melalui melalui OPD-nya,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa IBH mengatakan saat ini komunitas peduli sampah di Kota Depok dapat mengelola sekitar 5 ton sampah plastik per hari.

“Jika sampah anorganik dikelola dengan baik, maka dapat mengurangi sekitar 40 persen dari sampah plastik yang ada,” ujarnya.

Selebihnya, 60 persen sampah organiknya bisa diberikan kepada komunitas yang bisa mengolahnya menjadi pupuk atau maggot. (mcr19/jpnn)

Pemkot Depok adakan gerakan penanganan sampah plastik, untuk mengurangi jumlah sampah yang kian hari terus meningkat

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News