239.267 Balita di Kabupaten Bekasi Jadi Target Pemberian Vitamin A dari Pemerintah

Jumat, 09 Februari 2024 – 18:00 WIB
239.267 Balita di Kabupaten Bekasi Jadi Target Pemberian Vitamin A dari Pemerintah - JPNN.com Jabar
Tenaga kesehatan Puskesmas Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, memberikan vitamin A kepada balita di wilayah itu dengan mendatangi kediaman warga, Jumat (9/2/2024). (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Sebanyak 239.267 balita berusia 6-59 bulan di Kabupaten Bekasi menjadi target program pemberian vitamin A secara cuma-cuma selama Februari 2024.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Supriadinata mengatakan pemberian vitamin A pada balita bertujuan untuk merangsang pertumbuhan sel darah merah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan mata.

"Program pemberian vitamin A pada balita ini merupakan program rutin pemerintah daerah karena banyak manfaat yang didapatkan balita dengan konsumsi vitamin A," katanya di Cikarang, Jumat (9/2).

Dia mengimbau masyarakat memanfaatkan pemberian nutrisi pada program Bulan Vitamin A tahun ini dengan membawa anak balita ke fasilitas kesehatan terdekat milik pemerintah daerah.

"Dipersilakan bagi para orang tua untuk membawa anaknya yang masih balita ke posyandu maupun puskesmas terdekat, sesuai domisili masing-masing," ucapnya.

Kepala Puskesmas Pebayuran, Umar Iskandar mengatakan sebanyak 5.738 balita menjadi sasaran target pemberian vitamin A di lingkup wilayah itu yang mencakup empat desa dan satu kelurahan, antara lain Desa Bantarjaya, Bantarsari, Kertajaya, dan Desa Karanghaur, serta Kelurahan Kertasari.

"Vitamin A warna biru diberikan untuk bayi usia 6-11 bulan dengan dosis 100.000 IU sedangkan Vitamin A berwarna merah untuk bayi usia 12 bulan sampai 5 tahun dengan dosis 200.000 IU," katanya.

Program pemberian Vitamin A ini dilakukan langsung oleh para kader posyandu yang bersinergi dengan tenaga kesehatan di bawah naungan Puskesmas Pebayuran.

Sebanyak 239.267 balita berusia 6-59 bulan di Kabupaten Bekasi menjadi target program pemberian vitamin A secara cuma-cuma selama Februari 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News