Daftar Air dan Tanah Keramat yang Dibawa Ridwan Kamil ke IKN

Senin, 14 Maret 2022 – 13:00 WIB
Daftar Air dan Tanah Keramat yang Dibawa Ridwan Kamil ke IKN - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menyatukan tanah dan air dari 27 kabupaten/kota di Gedung Sate Bandung, Minggu (13/2/2022). (Foto: Pipin Sauri/Biro Adpim Jabar)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memenuhi undangan Presiden Joko Widodo dalam kegiatan ritual ‘Kendati Nusantara’ di titik nol kilometer Ibu Kota Negara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Senin (14/3).

Bersama dengan 33 gubernur dari daerah lain, peserta diharuskan mengenakan pakaian adat, serta membawa air dan tanah dari daerah masing-masing.

Mewakili Jawa Barat, Ridwan Kamil membawa air dan tanah ‘keramat’ yang diambil dari 27 kabupaten/kota. Air dan tanah tersebut diambil dari puluhan situs yang tersebar di Jawa Barat.

Misalnya, air dari Kota Bandung diambil dari Sumur Bandung yang merupakan sumur bersejarah sebagai simbol tonggak berdirinya Kota Bandung. Lalu, tanah dari Kabupaten Sumedang diambil dari tanah Situs Dayeuhluhur yang merupakan tanah prabu Gesan Ulun Kabupaten Sumedang dan mata air keramat Ciasihan, Cikajayaan dan Cikaweudukan.

Budayawan Sunda Aat Soeratin mengatakan, Jawa Barat membawa oleh-oleh yang sangat filosofis, yaitu tanah dan air yang diambil dari berbagai daerah yang kemudian dipersatukan dengan tanah di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Mudah-mudahan ibu kota baru itu menjadi ibu kota harapan, mudah-mudahan menjadi Indonesia yang jauh lebih baik,” kata Aat melalui keterangan resminya, Senin (14/3).

Berikut daftar air dan tanah di Jawa Barat yang dibawah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke IKN:

1. Kabupaten Majalengka: Patilasan Nyi Ratu Rambut Kasih (Memiliki kekuatan dan ilmu supranatural yang tinggi)

Berikut daftar air dan tanah yang dibawa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk kegiatan ritual Kendi Nusantara di titik nol IKN.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News