Datang ke IKN, Ridwan Kamil Bawa Air dan Tanah 'Keramat'

Senin, 14 Maret 2022 – 09:10 WIB
Datang ke IKN, Ridwan Kamil Bawa Air dan Tanah 'Keramat'  - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menyatukan tanah dan air dari 27 kabupaten/kota di Gedung Sate Bandung, Minggu (13/2/2022). (Foto: Pipin Sauri/Biro Adpim Jabar)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dijadwalkan menghadiri kegiatan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, pada Senin (14/3).

Bersama Presiden Jokowi dan seluruh gubernur se-Indonesia, peserta yang datang harus mengenakan pakaian adat, serta membawa air dan tanah dari masing-masing daerah.

Jawa Barat berhasil menghimpun tanah dan air dari 27 kabupaten/kota untuk kemudian dijadikan bagian dari pembangunan IKN.

Ridwan Kamil akan membawa tanah dan air ini ke Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur dan diserahkan secara simbolis kepada Jokowi.

“Alhamdulillah dalam waktu singkat 27 kota/kabupaten yang ada di Jabar dengan gerak cepat dan dengan semangat yang sangat baik, sudah berhasil mengirimkan air dan tanah. Tentu dipilih menurut kearifan lokal,” kata Ridwan Kamil dalam keterangan resminya.

Eks Wali Kota Bandung itu mengapresiasi langkah cepat para tokoh di kabupaten/kota yang berhasil mengumpulkan tanah dan air dalam waktu singkat. Pasalnya, tanah dan air yang dibawah ini bukan sembarangan dan mengandung sejarah serta kaya makna.

“Sumbernya bermacam-macam. Ada yang dari air Masjid Agung, ada yang dari air gunung. Ada yang dari air keramatkan dan lain sebagainya,” terangnya.

Sebelum keberangkatan, Pemerintah Provinisi (Pemprov) Jabar sempat menggelar acara bertemakan ‘Tanah dan Air dari Jawa Barat untuk IKN’ pada Minggu (13/3).

Gubernur Jabar Ridwan Kamil membawa air dan tanah dari 27 kabupaten/kota Jabar untuk dibawa ke IKN.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News