Melalui Program Z-Auto, Baznas Beri 20 UMKM Bandung Bantuan Modal

Selasa, 16 Januari 2024 – 17:22 WIB
Melalui Program Z-Auto, Baznas Beri 20 UMKM Bandung Bantuan Modal - JPNN.com Jabar
Melalui Program Z-Auto, Baznas Beri 20 UMKM Bandung Bantuan Modal. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Badan Amil Zakat (Baznas) Jawa Barat memberikan suntikan modal untuk 20 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bengkel sepeda motor di Kota Bandung. 

Wakil Ketua 2 Baznas Jabar, Ali Khosim mengatakan, bantuan tersebut merupakan pengejawantahan dari program Z-Auto milik Baznas. Kota Bandung pun terpilih menjadi salah satu pilot projek dari program Z-Auto. 

"Z-Auto adalah program pemberdayaan UMKM yang dikelola oleh mustahik binaan Baznas. Program ini program pusat dan di sini berlaborasi dengan Baznas Jabar dengan menyasar sektor bengkel motor sebagai langkah konkret untuk mendukung perkembangan usaha mikro di Indonesia," kata Ali dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Selasa (16/1). 

Lebih lanjut, Ali menuturkan, program ini akan dilakukan dengan skala lebih besar bila berhasil di Kota Bandung. 

"Bandung jadi pilot project, jika Z-auto ini kemudian bagus, berjalan terus Insya Allah di tahun depan kami akan menambah progam ini, sehingga program ini tidak hanya 20 titik tapi lebih," imbuhnya. 

Ali mengungkapkan, selain suntikan modal, pelaku UMKM juga diberikan pelatihan dan pendampingan teknis secara berkala demi mendorong kemandirian ekonomi. 

Bantuan modal yang disalurkan oleh Baznas diharapkan dapat memberikan stimulus keuangan yang signifikan bagi UMKM bengkel motor. 

"Pendampingan yang diberikan dalam program Z-Auto tidak hanya terbatas pada aspek keuangan, namun juga mencakup aspek manajerial dan pemasaran. Hal ini diharapkan dapat membantu UMKM bengkel motor untuk meningkatkan efisiensi operasional dan meningkatkan daya saing produk mereka," tuturnya. 

Baznas Jawa Barat memberikan bantuan modal untuk 20 pelaku UMKM bengkel sepeda motor di Kota Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News