Longsor Susulan Kaki Gunung Anaga, 424 Warga Mengungsi di SDN 2 Sukamulya Purwakarta

Rabu, 10 Januari 2024 – 10:00 WIB
Longsor Susulan Kaki Gunung Anaga, 424 Warga Mengungsi di SDN 2 Sukamulya Purwakarta - JPNN.com Jabar
Ilustrasi longsor. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purwakarta menyebutkan longsor susulan terjadi di kaki Gunung Anaga, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta.

Kepala Pelaksana BPBD Purwakarta Heryadi Erlan mengatakan longsor di sekitar Desa Sukamulya sebelumnya terjadi pada Kamis (4/1). Kemudian terjadi longsor susulan pada Senin (8/1).

Akibat longsor susulan sejumlah rumah mengalami kerusakan. Longsoran tanah dari tebing Gunung Anaga itu juga menutup jalan di sekitar Desa Sukamulya.

Erlan menyebutkan bahwa longsor susulan terjadi akibat adanya pergerakan tanah yang dipicu akibat tingginya intensitas hujan di daerah tersebut.

Sesuai dengan data sementara, terdapat lebih dari 10 rumah mengalami kerusakan.

Seiring dengan terjadinya longsor susulan, kini pengungsi akibat kejadian longsor di Desa Sukamulya, Purwakarta bertambah.

Kini warga terdampak longsor yang mengungsi di Sekolah Dasar Negeri 2 Sukamulya berjumlah 127 keluarga dengan jumlah 424 jiwa.

Sebelumnya, Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan mengajak masyarakat yang tinggal di kaki Gunung Anaga segera mengungsi sebagai antisipasi terjadinya bencana alam longsor susulan.

BPBD Kabupaten Purwakarta mencatat ada 424 warga dari 127 keluarga mengungsi di SDN 2 Sukamulya Purwakarta gegara longsor di Kaki Gunung Anaga.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News