Pemkab Bogor Ajukan Bantuan Bus Listrik Rute Sentul-Bojonggede ke Pemprov Jabar

Rabu, 10 Januari 2024 – 09:45 WIB
Pemkab Bogor Ajukan Bantuan Bus Listrik Rute Sentul-Bojonggede ke Pemprov Jabar - JPNN.com Jabar
Ilustrasi bus listrik. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengajukan bantuan hibah berupa bus listrik kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk beroperasi dengan rute Sirkuit Sentul-Pakansari-Bojonggede.

"Kami sedang mengajukan bantuan untuk bus listrik tersebut kepada Pemprov Jawa Barat. Rencananya itu (beroperasi) mulai dari Tugu Pancakarsa, Pakansari, Pemda hingga ke Bojonggede," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor Agus Ridhallah.

Ia mengajukan bantuan sebanyak sembilan unit bus listrik untuk digunakan sebagai layanan Bus Rapid Transit (BRT) di Kabupaten Bogor.

Menurut Agus, upaya pendirian koridor bus listrik tersebut adalah untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di Kabupaten Bogor dan membiasakan masyarakat beralih ke angkutan massal.

"Ini untuk angkutan massal sebagai upaya mengurai kemacetan dan efisiensi warga karena itu mobil listrik. Selain mengurai macet juga meminimalisir biaya transportasi," ujar Agus.

Semula, bantuan bus listrik tersebut akan direalisasikan pada tahun 2023 melalui APBD Perubahan Pemprov Jawa Barat. Namun, bantuan tersebut urung dilakukan.

Agus juga mengaku belum mengetahui pasti berapa anggaran yang digelontorkan Pemprov Jawa Barat jika pengajuan tersebut direalisasikan.

"Mudah-mudahan tahun ini ya rencana tersebut bisa direalisasikan," tuturnya.

Pemkab Bogor mengajukan bantuan hibah berupa bus listrik kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk beroperasi dengan rute Sirkuit Sentul-Pakansari-Bojonggede.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News