Gempa Berkekuatan 3,5 Magnitudo Guncang Kabupaten Pangandaran

Kamis, 04 Januari 2024 – 15:00 WIB
Gempa Berkekuatan 3,5 Magnitudo Guncang Kabupaten Pangandaran - JPNN.com Jabar
Ilustrasi gempa bumi. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

jabar.jpnn.com, PANGANDARAN - Gempa berkekuatan 3,5 magnitudo terjadi di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, pada Kamis (4/1) sekitar pukul 13.54 WIB.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto mengatakan berdasarkan analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini terletak pada koordinat 8.01 LS dan 107.89 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 75 km BaratDaya, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada kedalaman 28 km. 

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar di bawah laut,” ucap Hartanto, dalam keterangan resminya yang diterima JPNN.com pada Kamis (4/1).

Dia menerangkan dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat.

Gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cipatujah, Sindangkerta, Cikatomas, Cijulang, Pangandaran dengan Skala Intensitas II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut,” ujarnya.

Hingga pukul 14:27 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” pungkasnya. (mcr19/jpnn)

Gempa bumi berkekuatan 3,5 magnitudo mengguncang Kabupaten Pangandaran, sekitar pukul 13.54 WIB.

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News