Pj Bupati Sumedang: Gempa Bumi Rusak Ribuan Rumah

Selasa, 02 Januari 2024 – 17:30 WIB
Pj Bupati Sumedang: Gempa Bumi Rusak Ribuan Rumah - JPNN.com Jabar
Salah satu kondisi rumah yang ambruk di Kabupaten Sumedang pascagempa bumi magnitudo 4,8 pada Minggu (31/12/2023). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn

jabar.jpnn.com, SUMEDANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang mencatat ada 1.004 bangunan yang mengalami kerusakan akibat rentetan gempa bumi di wilayahnya.

Bangunan yang rusak itu tersebar di delapan kecamatan. Di antaranya Kecamatan Sumedang Selatan, Sumedang Utara, Cimalaka, Ganeas, Cisarua, Tanjungkerta, Tanjungmedar, dan Rancakalong.

“Jumlah yang rusak ringan ada 808 rumah. Kemudian, yang rusak sedang ada 93 rumah yang rusak berat ada 103 rumah, itu berdasarkan kajian teman-teman di lapangan, perangkat kecamatan, dan perangkat desa,” kata Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman di RSUD Sumedang, Selasa (2/1).

Setelah melakukan pendataan, Pemkab Sumedang akan menyerahkan data tersebut ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk dilakukan verifikasi. Bangunan yang mengalami rusak berat hingga ringan akan diberi bantuan.

“Jadi, warga masyarakat tetap tenang dan percayakan pada kami dengan catatan kami akan verifikasi, agar akuntabel. Nah, bagi yang biasa-biasa saja atau tidak masuk kategori rusak ringan, nanti kami akan perhatikan juga,” jelasnya.

Sementara itu, tercatat pula ada 11 warga Sumedang yang mengalami luka rigan akibat gempa. Satu orang masih menjalani perawatan di rumah sakit, sedangkan 10 lainnya sudah pulang kembali ke rumahnya masing-masing.

Ia pun memastikan kondisi bangunan RSUD Sumedang aman untuk ditinggali oleh pasien.

“Ada tiga bangunan yaitu VIP, kemudian paviliun, dan sakura, dan itu sudah dilakukan assesment oleh dinas PU Kabupaten Sumedang bersama BPBD. Hasilnya, ketiga bangunan itu aman, begitu pula yang lainnya di RSUD aman,” ujarnya.

Sebanyak 1.004 bangunan rusak dan 11 orang luka ringan akibat gempa bumi magnitudo di Sumedang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News