PVMBG Ungkap Penyebab Gempa Tektonik 5,3 SR di Pantai Pangandaran

Kamis, 28 Desember 2023 – 19:00 WIB
PVMBG Ungkap Penyebab Gempa Tektonik 5,3 SR di Pantai Pangandaran - JPNN.com Jabar
Ilustrasi gempa bumi. Ilustrasi Foto: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jabar.jpnn.com, PANGANDARAN - Gempa bumi dengan kekuatan 5,3 SR mengguncang wilayah Selatan Garut - Tasikmalaya pada Kamis (28/12) sekitar pukul 05.43 WIB.

Menurut informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lokasi pusat gempa terletak di Samudera Hindia pada koordinat 107,89 BT dan 8,11 LS, berjarak sekitar 93,5 km selatan - barat daya kota Tasikmalaya.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan mengatakan, lokasi pusat gempa bumi terletak dekat dengan wilayah pantai Tasikmalaya dan Pangandaran.

Morfologi wilayah tersebut pada umumnya berupa dataran pantai yang dibatasi pada bagian utara dengan morfologi perbukitan bergelombang hingga perbukitan terjal.

Ia menerangkan, wilayah pada morfologi pada umumnya tersusun oleh tanah lunak (kelas E) hingga tanah sedang (kelas D), dan pada bagian utara tersusun oleh tanah keras (kelas C).

“Wilayah ini secara umum tersusun oleh bantuan berumur tersier dan endapan kuarter beruapa alluvial pantai, alluvial sungai dan batuan rombakan gunung api muda,” kata Hendra dalam keterangannya, Kamis (28/12).

Selain itu, pada morfologi perbukitan bergelombang hingga terjal yang tersusun oleh bantuan yang telah mengalami pelapukan dan berpotensi terjadi gerakan tanah yang dapat dipicu oleh guncangan gempa bumi kuat dengan curah hujan tinggi.

Maka dari itu, berdasarkan posisi lokasi pusat gempa bumi, kedalaman, dan data mekanisme sumber dari BMKG, maka kejadian gempa ini diakibatkan oleh aktivitas sesar aktif pada zona prismatic akresi dengan mekanisme sesar naik berdarah relatif barat - timur.

PVMBG sampaikan analisisnya mengenai penyebab gempa tektonik 5,3 SR yang mengguncang daerah Pangandaran.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News