Pemprov Jabar Siapkan Anggaran Besar Demi Mengintervensi Harga Bapok Pada Momen Nataru 2024

Selasa, 19 Desember 2023 – 19:30 WIB
Pemprov Jabar Siapkan Anggaran Besar Demi Mengintervensi Harga Bapok Pada Momen Nataru 2024 - JPNN.com Jabar
Kepala Disperindag Provinsi Jabar, Noneng Komara Nengsih. Foto: Ridwan Abdul Malik/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) terus melakukan berbagai upaya untuk menekan atau mengintervensi harga bahan pokok menjelang Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Tidak tanggung-tanggung dana sebesar Rp 15 Miliar pun disiapkan demi mengintervensi harga bahan pokok.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat Noneng Komara Nengsih mengatakan, pihaknya menyiapkan dana tersebut untuk melakukan intervensi berupa subsidi apabila terjadi kenaikan harga berbagai komoditas pokok, sehingga daya beli masyarakat dapat terjaga.

"Dari Indag ada subsidi. Tahun depan Rp 15 miliar untuk intervensi (kenaikan) harga tersebut," ucap Noneng saat ditemui di Kota Bandung, dikutip Selasa (19/12).

Selain meyiapkan anggaran, kata Noneng, pihaknya juga melakukan pengawasan rutin ke sejumlah pasar tradisional dan modern di Jawa Barat untuk memastikan harga-harga bahan pokok di wilayahnya aman dan tetap terkendali.

"Salah satu tindak lanjutnya dengan operasi pasar di Cirebon dan Kota Tasikmalaya baru-baru ini, untuk pengendalian inflasi pada komoditas beras, minyak goreng, gula pasir, dan cabai," ujar Noneng.

Lebih lanjut, Noneng menuturkan, pada saat momen Nataru 2024 saat ini harga-harga bahan pokok diklaim tidak mengalami kenaikan yang signifikan atau relatif stabil. Khususnya pada komoditas beras dan cabai.

"Ada perbaikan, stabil tapi masih tinggi untuk beras. Cabai sudah menurun, Rp70 ribu yang asalnya sampai Rp100 ribu. Walaupun masih tinggi. (Lalu) gula pasir dan minyak goreng," katanya. (mar5/jpnn)

Pemprov Jabar siapkan anggaran Rp 15 Miliar demi mengintervensi harga bahan pokok pada momen Nataru 2024. Hal itu dilakukan demi menjaga stabilitas harga.

Redaktur & Reporter : Ridwan Abdul Malik

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News