Iluni FTUI Rekomendasikan 5 Program Hilirisasi Berbasis SDA Menuju Indonesia Emas 2045

Jumat, 15 Desember 2023 – 20:30 WIB
Iluni FTUI Rekomendasikan 5 Program Hilirisasi Berbasis SDA Menuju Indonesia Emas 2045 - JPNN.com Jabar
Potret kegiatan sosialisasi hilirisasi industrialisasi berbasis SDA menuju Indonesia Emas 2045. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN

jabar.jpnn.com, DEPOK - Ikatan Alumni Fakultas Teknik Galversitas Indonesia (Iluni FTUI) menyelenggarakan kegiatan bertajuk ‘Hilirisasi: Industrialisasi berbasis SDA menuju Indonesia Emas 2045', di Smart Meeting Room, Fakultas Teknik UI, Jumat (15/12).

Pembicara dalam kegaiatan tersebut, yakni Kemenperin RI Andi Rizaldi, Pemanganat Ekonomi UI Faisal Basri, dan Kadept Teknik Metalurgi dan Metarial FTUI Deni Ferdian.

Hadir pula perwakilan Tim Sukses (Timses) dari tiga calon Presiden RI 2024-2029.

Deindustrialisasi dini di Indonesia saat ini dihadapi semakin menurunnya kontribusi industri manufaktur terhadap PDB.

Sumber Daya Alam (SDA) yang terkandung di bumi Indonesia saat ini masuk dalam kriteria mineral kritis (nikel, tembaga, timah, aluminium, dan lainya), sudah semestinya memberi nilai tambah dan manfaat demi kemakmuran bangsa dan negara Indonesia.

Ketua Tim Rekomendasi Hilirisasi Iluni FTUI, Tomy Suryatama mengatakan di sisi lain, kompetensi SDM dan penyerapan tenaga kerja Indonesia (khususnya bidang sains dan engineering), dinilai banyak kalangan masih relatif rendah dalam Industri berbasis SDA sehingga saat ini masih terjadi ketergantungan pada pemanfaatan teknologi dari luar negeri.

“Hal ini diperburuk dengan rendahnya produk-produk inovasi dalam negeri, yang diterapkan dalam program hilirisasi pemerintah,” ucapnya, Jumat (15/12).

Dia menuturkan kondisi terkait pengelolaan SDA melalui hilirasisi yang dicanangkan pemerintah, sudah selayaknya menjadi perhatian bagi para calon presiden (capres) yang sedang bertarung saat ini.

Iluni FTUI gelar sosialisasi bertajuk ‘Hilirisasi: Industrialisasi berbasis SDA menuju Indonesia Emas 2045'
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News