Gempa Berkekuatan 4,6 Magnitudo Guncang Kabupaten Sukabumi, Getarannya Terasa Sampai Bogor dan Tanggerang

Kamis, 14 Desember 2023 – 10:30 WIB
Gempa Berkekuatan 4,6 Magnitudo Guncang Kabupaten Sukabumi, Getarannya Terasa Sampai Bogor dan Tanggerang - JPNN.com Jabar
Ilustrasi gempa bumi. Ilustrasi Foto: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Gempa berkekuatan 4,6 magnitudo terjadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Kamis (14/12) sekitar pukul 06.35 WIB.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto mengatakan berdasarkan analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 4,6 mangitudo, dan episenter gempa terletak pada koordinat 6.76 LS dan 106.53 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 25 km barat laut, Kabupaten Sukabumi, pada kedalaman 5 km. 

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif,” ucapnya, Kamis (14/12).

Dia menuturkan dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat.

Gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pamijahan dengan Skala Intensitas III - IV MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, dan di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela atau pintu berderik dan dinding berbunyi.

“Di Panggarangan, Bayah, Kalapanunggal, Cilograng, Bogor dengan Skala Intensitas III MMI, getaran yang dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,” ujarnya.

Sedangkan, di Ciputat, Tangerang dengan Skala Intensitas II - III MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Gempa bumi dengan kekuatan 4,6 magnitudo mengguncang Kabupaten Sukabumi. Begini penjelasan BBMKG selengkapnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News