Melalui Bandung Initiative Awards 2023, BFC Mencoba Kembangkan Industri Film di Jabar

Selasa, 12 Desember 2023 – 18:25 WIB
Melalui Bandung Initiative Awards 2023, BFC Mencoba Kembangkan Industri Film di Jabar - JPNN.com Jabar
Sekjen Bandung Film Commission (BFC), Malikkul Shaleh. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Dunia perfilman Jawa Barat memiliki potensi yang sangat besar, terlebih banyak sineas film sukses yang berasal dari tanah Pasundan. Selain itu, perkembangan industri film Jawa Barat juga dinilai berdampak baik bagi masyarakat luas.

Bahkan, Kota Bandung dan Jabar pernah tercatatkan banyak produksi film, semisal Kabayan saba kota (1989), from Bandung with love (2008), Cin(T)a (2009), preman pensiun (2015), dan Dilan 1990 (2018) yang telah memberi dampak ke masyarakat di bidang pariwisata dan ekonomi lokal. 

Sekjen Bandung Film Commission (BFC), Malikkul Shaleh menuturkan, untuk mengasah potensi sekaligus mempercepat tumbuh kembang perfilman di Bandung sampai Jabar, maka BFC kembali menggelar program yang dinamakan Bandung Initiative Awards (BFIA) 2023 bertemakan spread the spirit.

"BFIA ini hadir untuk memberikan stimulus dengan membuka ruang apresiasi dan inkubasi karya sekaligus menguatkan ekosistem perfilman di Jabar yang bisa terasakan dampaknya bagi pelaku perfilman dan masyarakat pada umumnya," ucap Malikkul dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Selasa (12/12).

Lebih lanjut, kata Malikkul, BFIA juga mendorong semangat para sineas di Bandung dan Jabar agar terus memproduksi film yang tak sebatas karya seni, melainkan karya yang dapat membawa manfaat.

"Semoga dengan adanya BFIA ini dapat memantik kesadaran semua pihak bahwa BFIA ini perlu diperjuangkan menjadi platform pembiayaan film permanen dan berkelanjutan di Jabar," katanya.

Malikkul menyebut, BFIA 2023 mempertemukan sineas dan production house (PH) yang terkategori pelaku UMKM dengan sumber pembiayaan film lokal dan nasional, serta membuka ruang-ruang diskusi untuk pengembangan perfilman Bandung dan Jabar ke depannya.

"Kami memandang program BFIA bisa menjadi komponen penting dalam pengembangan ekosistem perfilman di Jabar selama tak dijalankan sepihak, tapi diperlukan peran serta pemerintah dan swasta," ujarnya.

Dunia perfilman Jawa Barat memiliki potensi yang sangat besar, terlebih banyak sineas film sukses yang berasal dari tanah Pasundan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News