Pemprov Jabar Tetapkan Status Siaga Darurat Bencana

Jumat, 08 Desember 2023 – 19:15 WIB
Pemprov Jabar Tetapkan Status Siaga Darurat Bencana - JPNN.com Jabar
Penjabat Gubernur Bey Machmudin saat Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam di Makodam III Siliwangi, Kota Bandung, Jumat (8/12). Foto: DokpimĀ Jabar

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menetapkan status siaga darurat bencana di 27 kota/kabupaten. 

Penetapan status ini diterbitkan dalam SK Gubernur nomor 360/Kep.764-BPBD/2023 tentang Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Banjir Bandang, Cuaca Ekstrem, Gelombang Ekstrem, dan Abrasi, serta Tanah Longsor di Jawa Barat.

Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengatakan, Jabar merupakan wilayah yang memiliki tingkat kerawanan bencana alam yang tinggi.

Oleh karena itu, ia meminta antisipasi bencana harus dilakukan bersama-sama.

“Jawa Barat itu termasuk provinsi yang rawan bencana, sehingga kita harus siaga, tapi tetap jangan panik. Kita juga tadi pagi bersama Forkopimda, termasuk Polda Jabar dan pemerintah kabupaten kota melakukan apel siaga terkait kesiapsiagaan menghadapi bencana,” kata Bey di Bandung, Jumat (8/12).

“Karena bencana ini mitigasi penting, tapi kalau sudah terjadi harus segera respon cpat, dari kami pemerintah dan dibantu TNI Polri agar masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa,” lanjutnya.

Ia pun mengingatkan, masyarakat senantiasa memantau prakiraan cuaca yang dirilis oleh BMKG sebagai langkah mitigasi.

Selain itu, Bey juga meminta agar pemerintah daerah bergerak cepat melakukan penanganan saat terjadi bencana.

Pemprov Jabar menetapkan status siaga darurat bencana yang diterbitkan melalui SK Gubernur 360/Kep.764-BPBD/2023.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News