Kodim 0606 Kota Bogor Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

Jumat, 08 Desember 2023 – 14:30 WIB
Kodim 0606 Kota Bogor Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana - JPNN.com Jabar
Potret apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana di lapangan Makodim di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah, Jumat (8/12). Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Kodim 0606/Kota Bogor menggelar apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana di lapangan Makodim di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah, Jumat (8/12).

Apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana itu dilakukan menyusul Kota Bogor masuk ke dalam status siaga bencana hingga Maret 2024 mendatang, sesuai yang sudah ditetapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) baru-baru ini.

Dandim 0606/Kota Bogor, Kolonel Inf Fikri Ferdian menuturkan apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana ini dilakukan untuk memastikan seluruh stakeholder siap mengatasi bencana yang bisa terjadi kapan saja.

"Sebenarnya upaya ini sudah kami kerjakan jauh-jauh hari sebelumnya. Kami bersama-sama atas perintah dari Panglima TNI dan Bapak Kepala Staf Angkatan Darat, Kodim di jajaran TNI melaksanakan upaya untuk memitigasi bencana," kata Kolonel Inf Fikri Ferdian.

"Melaksanakan pembersihan aliran sungai, membersihkan sampah-sampah di area perkotaan, aliran-aliran parit dan di pasar-pasar, sehingga ketika curah hujan yang sangat tinggi belakangan ini dapat kita antisipasi sehingga tidak terjadi bencana," sambungnya.

Meski begitu, melalui kegiatan apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana ini, pihaknya ingin memastikan personel dan perlengkapan siap untuk sewaktu-waktu digerakan apabila terjadi bencana banjir, tanah longsor atau pun pohon tumbang yang sering terjadi di Kota Bogor.

"Hari ini kami gelar 300 personel di Makodim Kota Bogor untuk menyakinkan seluruh personil siap untuk melaksanakan antisipasi terhadap bencana yang terjadi di Kota Bogor," ucap Kolonel Inf Fikri Ferdian.

Soal titik bencana, sampai saat ini pihaknya bersama stakeholder terkait sudah memetakan titik rawan bencana di Kota Bogor. Mulai dari titik rawan longsor, banjir maupun wilayah yang rawan pohon tumbang.

Kodim 0606 bersama Forkopimda Kota Bogor menggelar apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana memasuki musim penghujan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News