Disperindag Jabar Siap Fasilitasi Produk IKM Ramaikan Bandara Kertajati

Jumat, 08 Desember 2023 – 13:47 WIB
Disperindag Jabar Siap Fasilitasi Produk IKM Ramaikan Bandara Kertajati - JPNN.com Jabar
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin bersama Kadisperindag Jawa Barat, Noneng Komara Nengsih saat mengunjungi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN MAJALENGKA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat terus melakukan sejumlah upaya untuk meramaikan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu memfasilitasi industri kecil menengah (IKM) dari 27 kabupaten/kota untuk hadir meramaikan BIJB Kertajati.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Jawa Barat, Noneng Komara Nengsih mengatakan, pihaknya akan mendirikan gerai atau tenan khusus produk IKM di Bandara Kertajati, Majalengka.

Hal ini merupakan respons dari permintaan Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin yang meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mendorong optimalisasi BIJB Kertajati.

“Kami akan buat yang lebih besar (gerai produk IKM di BIJB) lagi sehingga seluruh produk kriya dari seluruh kabupaten kota ikut serta di sana,” kata Noneng dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Jumat (8/12).

Kata Noneng, pengelola Bandara Kertajati sudah menyiapkan tiga tempat bagi tenan permanen berukuran besar yang bisa menampung produk-produk IKM di areal kedatangan dan keberangkatan.
“Nanti akan ditempatkan petugas khusus dan bisa melayani transaksi pembelian produk,” katanya.

Noneng menuturkan, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin telah memberi arahan agar produk-produk IKM bisa menarik perhatian bagi penumpang di Bandara Kertajati.

“Harapannya penumpang di Kertajati bisa membeli dan membawa oleh-oleh hasil IKM dan para pengrajin,” tutur Noneng.

Selain Disperindag, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat pun menggelar pameran dan bazar produk-produk kriya di Bandara Kertajati.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat turut melakukan optimalisasi BIJB Kertajati dengan menghadirkan produk IKM dari 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News