Pembangunan Tol Truk Tambang Bogor Tersendat di Perizinan dan Pembebasan Lahan

Jumat, 24 November 2023 – 12:45 WIB
Pembangunan Tol Truk Tambang Bogor Tersendat di Perizinan dan Pembebasan Lahan - JPNN.com Jabar
Ilustrasi jalur truk tambang, di Kabupaten Bogor. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pembangunan jalan tol khusus truk angkutan tambang sepanjang 11,5 kilometer yang menghubungkan Rumpin-Parungpanjang di Kabupaten Bogor masih dalam proses penyelesaian perizinan dan pembebasan lahan.

"Memang proses pembebasan lahan sampai Desember. Beberapa hambatan seperti perizinan," ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika.

Kendala perizinan ini membuat rencana peletakan batu pertama pembangunan tol yang diagendakan berlangsung pada 27 Desember 2022 (hampir setahun lalu) oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ketika itu, terpaksa ditunda.

Pembangunan jalan tol yang akan terhubung dengan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) III itu skema pengerjaannya dikerjasamakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan pihak swasta.

Sehingga, kata dia, peran Pemerintah Kabupaten Bogor hanya bersifat membantu dalam sinkronisasi perencanaan antara jalan berstatus kabupaten dan jalan berstatus provinsi serta memfasilitasi kelengkapan data pengurusan izin pembangunan.

"Jalur tambang itu kan menuju jalan tol ada jalan (berstatus) kabupaten jadi kami sinkronisasi. (Peran) yang kedua, perizinan," kata Ajat.

Jalan tol angkutan khusus tambang ini didesain dengan memiliki banyak pintu masuk yang lokasinya dekat tempat pertambangan. Titi awalnya yaitu dari Kecamatan Cigudeg.

Sedikitnya ada lima pintu masuk tol di dekat lokasi-lokasi tambang, sehingga mengurangi potensi truk-truk pengangkut tambang itu melintas di jalan umum.

Pembangunan jalan tol khusus truk tambang di Kabupaten Bogor masih dalam proses penyelesaian perizinan dan pembebasan lahan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News