Warga Parungpanjang Positif Cacar Monyet, Dinkes Kabupaten Bogor: Ini Kasus Perdana

Kamis, 23 November 2023 – 00:11 WIB
Warga Parungpanjang Positif Cacar Monyet, Dinkes Kabupaten Bogor: Ini Kasus Perdana - JPNN.com Jabar
Ilustrasi - Cacar monyet. Foto: ANTARA/HO-Sutterstock

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor melakukan penanganan kasus pertama cacar monyet yang dialami warga asal Parungpanjang.

"Sudah ditindaklanjuti oleh pihak kami ya, jadi survei oleh tim kesehatan dan pasiennya juga sudah menjalani pengobatan," kata Kepala Dinkes Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina.

Ia menduga pasien berjenis kelamin laki-laki itu terjangkit cacar monyet di luar Bogor, mengingat yang bersangkutan lebih banyak beraktivitas di Kota Tangerang Selatan, Banten.  

"Yang bersangkutan kerjanya di Tanggerang Selatan. Antisipasinya pasti kami lokalisasi dulu dan jangan lupa juga masyarakat untuk tetap menerapkan PHBS (pola hidup bersih dan sehat)," kata Mike.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Bogor, Agus Fauzi menjelaskan pasien cacar monyet asal Parungpanjang tersebut hingga kini masih menjalani proses perawatan di salah satu rumah sakit (RS) di wilayah Tangerang Selatan.  

Dinkes Kabupaten Bogor juga segera melakukan pelacakan terhadap lingkungan pasien cacar monyet asal Parungpanjang.

Upaya itu, kata dia, untuk meminimalisir penularan cacar monyet di wilayah Kabupaten Bogor.

"Nanti tetap anaknya akan ada pelacakan, pelacakan ke keluarganya, bisa saja anggota keluarganya (mengalami) gejala yang sama," ujar Agus.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor melakukan penanganan kasus pertama cacar monyet yang dialami warga asal Parungpanjang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News