Demi Mencegah Banjir, Jembatan Kali Sadang Siap Direvitalisasi Pemkab Bekasi

Kamis, 23 November 2023 – 18:00 WIB
Demi Mencegah Banjir, Jembatan Kali Sadang Siap Direvitalisasi Pemkab Bekasi - JPNN.com Jabar
Kondisi Jembatan Kali Sadang di Pasar Rengas, Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi merevitalisasi Jembatan Kali Sadang yang berada di Pasar Rengas, Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung, dengan konstruksi bangunan percontohan sebagai upaya meminimalisir terjadi banjir.

Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan proses revitalisasi jembatan dilakukan lantaran semula di bangunan itu terdapat tiang penopang yang mengakibatkan penumpukan sampah akibat tersangkut hingga menyebabkan aliran air kali tersumbat.

"Jembatan Kali Sadang Pasar Rengas kami bongkar dan dibangun ulang dengan konstruksi lebih melengkung ke atas. Tujuannya sebagai solusi banjir yang diakibatkan konstruksi lama terlalu landai sehingga ketika air naik, sampah tersangkut, akhirnya mampet dan terjadi banjir," katanya.

Dia menyatakan pembangunan jembatan baru ini merupakan upaya pemerintah daerah memitigasi bencana banjir yang kerap terjadi di kawasan pemukiman atau perumahan padat penduduk.

Terlebih jembatan tersebut juga menjadi penghubung antara Kelurahan Wanasari dengan Desa Wanajaya.

"Selain jembatan ini menjadi lebih kokoh untuk menunjang mobilitas warga, jembatan ini juga akan dibangun di kedua sisinya," katanya.

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln mengatakan revitalisasi ini menjadi proyek percontohan bagi jembatan-jembatan lain sebagai upaya meminimalisir banjir akibat sumbatan sampah di bawah jembatan.

"Jembatan yang desainnya kami lengkungkan ini jadi satu metode baru dan ini menjadi role model ke depan untuk konstruksi. Memang kami lihat cukup signifikan melengkung jadi aliran air sungai bisa lancar," katanya.

Pemkab Bekasi bakal merevitalisasi Jembatan Kali Sadang dengan konstruksi bangunan percontohan sebagai upaya meminimalisir terjadi banjir.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News