Doa dan Bantuan dari Ribuan Warga Jabar untuk Palestina

Jumat, 17 November 2023 – 19:50 WIB
Doa dan Bantuan dari Ribuan Warga Jabar untuk Palestina - JPNN.com Jabar
Ribuan warga Jawa Barat (Jabar) bersatu dan menggelar berdoa bersama dalam aksi solidaritas luar biasa untuk mendukung Palestina. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Ribuan warga Jawa Barat (Jabar) bersatu dan menggelar berdoa bersama dalam aksi solidaritas luar biasa untuk mendukung Palestina. Acara ini diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Pemerintah Provinsi, Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia, hingga Forkopimda Jawa Barat.

Aksi solidaritas kemanusiaan ini dimulai dengan pelaksanaan istighosah di Masjid Pusdai Jabar dilanjutkan dengan salat jumat dan salat gaib yang dihadiri oleh tokoh agama, ulama, dan masyarakat umum. Suasana haru dan kekhusyukan menyelimuti tempat tersebut dengan doa-doa yang dipanjatkan untuk kedamaian dan keadilan di Palestina.

Setelah doa bersama, peserta kemudian mengikuti longmarch menuju Lapangan Gasibu Bandung. Para peserta longmarch membawa spanduk, poster, dan bendera solidaritas, menciptakan pemandangan indah penuh dengan warna-warna bendera palestina serta kesatuan hati menuntut keadamaian di Palestina.

Acara dilanjutkan dengan orasi dari berbagai tokoh agama, aktivis kemanusiaan, dan perwakilan pemerintah. Mereka menyampaikan pesan solidaritas dan keprihatinan terhadap kondisi yang dialami oleh rakyat Palestina saat ini. Para pembicara menekankan pentingnya dukungan masyarakat Jawa Barat dan internasional untuk mengakhiri konflik antara Palestina dan Israel yang telah berlangsung selama bertahun-tahun.

Puncak acara tersebut adalah sesi galang dana untuk bantuan kemanusiaan Palestina. Masyarakat sangat antusias memberikan donasi, baik secara tunai maupun nontunai melaui scan QRIS yang dihimpun oleh Baznas Jabar. Baznas Jabar juga berkomitmen untuk mengawal dan memastikan donasi yang terkumpul dapat segera disalurkan untuk masyarakat Palestina.

Ketua Baznas Jabar, Anang Jauharuddin mengatakan aksi solidaritas ini penting untuk menunjukkan kepedulian kita atas musibah dan derita rakyat Palestina.

"Dengan adanya aksi solidaritas ini, kami ingin menunjukkan bahwa masyarakat Jawa Barat peduli terhadap penderitaan rakyat Palestina. Semoga bantuan yang kami kumpulkan dapat memberikan sedikit harapan bagi mereka yang sedang mengalami krisis kemanusiaan," ujar Anang dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, Jumat (17/11).

Diketahui, Baznas Jabar beberapa waktu lalu telah menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina tahap I yang dilepas langsung oleh presiden Jokowi.

Ribuan warga Jawa Barat (Jabar) bersatu dan menggelar berdoa bersama dalam aksi solidaritas luar biasa untuk mendukung Palestina.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News