Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, PMI Depok Pasok Kebutuhan Darah

Sabtu, 11 November 2023 – 17:40 WIB
Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, PMI Depok Pasok Kebutuhan Darah - JPNN.com Jabar
Ilustrasi kantong darah Palang Merah Indonesia (PMI). Ilustrasi : Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok terus berupaya melakukan pelayanan kemanusiaan untuk masyarakat. 

Salah satunya, bersinergi dengan Perangkat Daerah (PD) yaitu Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi akibat kehabisan darah.

“Salah satu penyebab langsung kematian ibu melahirkan atau maternal adalah terjadinya perdarahan, sehingga pemenuhan kebutuhan darah untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) menjadi perhatian kami,” ucap Ketua PMI Kota Depok, Dudi Mi’raz dikutip Sabtu (11/11).

Dudi menyebut, hal yang bisa dilakukan PMI Kota Depok adalah dengan memasok kebutuhan darah jika ada ibu melahirkan yang membutuhkan.

Dia memastikan, bahwa layanan ini gratis, tidak dipungut biaya.

“Kami memberikan layanan ini gratis bagi ibu yang memerlukan transfusi darah ketika mengalami pendarahan saat persalinan. Permintaan bisa dilakukan melalui Rumah Sakit (RS), Klinik maupun Puskesmas ke Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Depok,” tuturnya.

Layanan bidang kesehatan ini, menurutnyadalam rangka menurunkan AKI dan menjamin tersedianya darah yang cukup bagi ibu hamil, ibu bersalin dan nifas. 

Serta, meningkatkan peran serta masyarakat untuk menjadi pendonor darah sukarela, sehingga kekurangan jumlah kantong darah dan jenis golongan darah dapat terpenuhi.

Demi menekan angka kematian ibu dan bayi, PMI Depok gandeng Dinkes untun pasok kebutuhan darah
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News