Kementan Bantu Permodalan Petani Melalui KUR Pertanian

Rabu, 08 November 2023 – 10:10 WIB
Kementan Bantu Permodalan Petani Melalui KUR Pertanian - JPNN.com Jabar
Ilustrasi areal persawahan. (ANTARA JABAR/Adeng Bustomi/agr)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya dengan berbagai langkah strategis untuk mendukung petani dan menjaga ketahanan pangan di Indonesia. 

Salah satunya adalah pemerintah menyediakan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pertanian hingga Rp 100 Triliun, untuk membantu permodalan petani. Akses modal ini disediakan dengan berbagai kemudahan, termasuk bunga yang rendah. 

Pengamat Pertanian yang juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB, Irfan Syauqi Beik, mengatakan, bantuan modal pertanian sangat penting bagi para petani. Pasalnya, modal adalah salah satu permasalahan yang selama ini dihadapi oleh petani di Indonesia. 

"Tentu bantuan modal tersebut sangat penting karena salah satu permasalahan yang dihadapi para petani adalah akses permodalan," ungkap Irfan dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Rabu (8/11). 

Selain itu, kata Irfan, ia mengusulkan agar skema KUR Pertanian membuka ruang yang lebih besar dengan menggunakan skema pembiayaan syariah.

Hal ini diusulkan agar petani dapat terhindar dari bunga pinjaman dalam KUR Pertanian tersebut. 

"Jadi bukan hanya KUR berbasis bunga. Ada banyak skema syariah yang sesuai bagi petani dan dapat lebih adil," tambahnya. 

Namun, menurut Irfan, yang tak kalah penting adalah bagaimana membangun ekosistem bisnis yang menguntungkan petani.

Kementan terus berupaya dengan berbagai langkah strategis untuk mendukung petani dan menjaga ketahanan pangan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News