Datangi Klinik Mata dr Hasri Ainun Habibi, Mensos Risma Semangati Pasien Lansia Peserta Operasi Katarak

Rabu, 25 Oktober 2023 – 16:30 WIB
Datangi Klinik Mata dr Hasri Ainun Habibi, Mensos Risma Semangati Pasien Lansia Peserta Operasi Katarak - JPNN.com Jabar
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini saat berkunjung ke Klinik Mata dr Hasri Ainun Habibi, Kota Bogor. Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyemangati para pasien lanjut usia (lansia) yang menerima bantuan sosial untuk operasi katarak di Klinik Mata dr Hasri Ainun Habibi, Kota Bogor, Rabu (25/10).

"Enggak apa-apa ya pak, 'kemeng" (bengkak) sebentar, yang penting nanti bisa lihat lagi lebih terang," ujar Risma kepada para lansia yang menyambutnya di tenda halaman Klinik Mata dr Hasri Ainun seusai operasi katarak.

Mensos menyampaikan bahwa operasi katarak sangat dibutuhkan sekitar 345 orang lansia yang terdaftar Kllinik Hasri Ainun untuk menerima bantuan operasi di wilayah Bogor dan tambahan 16 orang dari luar daerah, yaitu Lebak, Provinsi Banten.

Dalam kunjungan itu, Risma didampingi Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka dan Komisi VII DPR RI, Adian Napitupulu menyapa puluhan lansia yang sedang menunggu operasi.

Risma menerangkan, bahwa Kemensos bersama Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) terus perputar ke semua deerah sudah sebanyak 18 kali selama tahun 2023 untuk membantu operasi katarak bagi para lansia.

Menurut Risma, penanganan katarak perlu cepat karena berisiko pada kebutaan. Operasi kepada mereka yang kurang mampu diberikan agar para lansia dapat kembali produktif.

"Kararak membuat mereka kurang jelas melihat, kalau begitu bisa tidak produktif, perlu didampingi keluarga untuk aktivitas. Pendampingnya juga jadi tidak produktif," ungkap Risma.

Program Kemensos bersama yayasan, kata Risma, untuk menjangkau mereka yang kurang mampu biaya operasi sendiri. Penyebaran bantuan telah dilakukan dari wilayah Timur Indonesia hingga mengarah ke Barat pada akhir tahun ini.

Mensos Tri Rismaharini menyemangati para pasien lansia yang menerima bantuan sosial untuk operasi katarak di Klinik Mata dr Hasri Ainun Habibi, Kota Bogor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News