Peringati Hari Santri Nasional, Forkopimda Kota Bogor Ziarah ke Makam Mama Falak

Senin, 23 Oktober 2023 – 10:30 WIB
Peringati Hari Santri Nasional, Forkopimda Kota Bogor Ziarah ke Makam Mama Falak - JPNN.com Jabar
Forkopimda Kota Bogor, saat berziarah ke Makam Mama Falak, di Jalan Pagentongan, Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat. Foto: Dok Pemkot Bogor.

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Wali Kota Bogor, Bima Arya bersama pimpinan Forkopimda, jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memperingati Hari Santri Nasional Tingkat Kota Bogor di Pondok Pesantren Al Falakiyah, Jalan Pagentongan, Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Acara diawali ziarah dan berdoa ke makam KH Tubagus Muhammad Falak atau lebih dikenal Mama Falak.

Peringatan Hari Santri Nasional 2023 sesuai surat edaran Kementerian Agama mengusung tema "Jihad Santri Jayakan Negeri".

Dalam peringatan tingkat Kota Bogor, diserahkan penghargaan kepada 9 santri berprestasi di ajang nasional maupun provinsi serta 11 pondok pesantren atas kiprahnya melakukan pembinaan keagamaan kepada masyarakat dan para santri di Kota Bogor.

Pimpinan Pondok Pesantren Tahfidz Al Falakiyah, KH Tubagus Asep Zulfiqar yang juga memimpin ziarah dalam sambutan menyebutkan, pondok pesantren memiliki jasa yang besar dalam perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia, banyak menyumbangkan sistem pendidikan dan hasilnya yang sudah dirasakan manfaatnya.

"Pondok pesantren adalah satu-satunya benteng umat Islam. Kalau pondok pesantren 'jebol', maka umat Islam akan 'jebol'. Kalau unggul maka pendidikan di Indonesia akan unggul, kalau santrinya berdaya, Indonesia akan berdaya,"

"Kerja sama yang erat antara pemerintah dengan alim ulama menjadikan kondisi lebih kondusif, aman dan beriman. Pesantren dan pemerintah ibarat orang tua laki dan perempuan. Pejabat adalah bapaknya, alim ulama adalah ibunya," kata KH Tubagus Asep Zulfiqar.

Wali Kota Bogor, Bima Arya di hadapan pimpinan, pengurus dan para santri serta semua yang hadir menyampaikan pesan dari Menteri Agama.

Rayakan Hari Santri Nasional, Forkopimda Kota Bogor berziarah ke Makam Mama Falak, di Jalan Pagentongan, Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News