Pemprov Jabar Lepas Ekspor Kopi Garut ke Belanda Senilai Rp 4 M

Kamis, 03 Maret 2022 – 11:50 WIB
Pemprov Jabar Lepas Ekspor Kopi Garut ke Belanda Senilai Rp 4 M - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil memberikan sambutan sekaligus melepas ekspor kopi dan penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada petani milenial Jabar binaan IPB University dan Astra Internasional di Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Selasa (2/3). (Rizal FS/Biro Adpim Jabar).

jabar.jpnn.com, GARUT - Kopi Jawa Barat semakin menunjukan kepopulerannya. Kali ini giliran kopi asal Garut yang melenggang ke pasar internasional.

Produk hasil binaan Institut Pertanian Bogor (IPB) dan PT Astra Internasional Tbk itu diekspor ke negara Belanda karena permintaan biji kopinya yang tinggi.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas langsung ekspor kopi ke Belanda dengan total nilai Rp 4 miliar di Desa Mekarsari, Cikajang, Kabupaten Garut, rabu (2/3).

Ridwan Kamil menuturkan, ekspor ini sebagai Langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar untuk menaklukkan dunia lewat komoditas kopi.

Tidak Cuma produk mentah, Ia juga menginginkan agar kopi Jabar bisa mendunia melalui kafe-kafenya.

“Jadi kita harus menaklukkan dunia dengan kopi-kopi ini,baik ekspor mentah, maupun lahir dari kafe-kafe milik Jabar di seluruh dunia. Ini sedang persiapan di Belanda dan Swiss. Jadi suatu hari saya yakin,” kata Ridwan Kamil.

Pemprov Jabar sendiri sudah sejak lama melakukan ekspor kopi ke beberapa negara. Berdasarkan data Pusat Data dan Sistem Informasi (PDSI) Kementerian Perdagangan 2020 dan 2021, total nilai ekspor kopi Jabar mencapai 16 juta dolar AS atau sekitar Rp 200 miliar.

Ada pun beberapa negara yang menjadi penikmat kopi asal Jabar seperti Rusia, Singapura, Belanda, Jerman, Inggris, Taiwan, Australia, dan Arab Saudi.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil melepas ekspor kopi Garut ke Belanda dengan total nilai Rp 4 miliar.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News