Pemkab Bekasi Bentuk Satgas TPPK Demi Mencegah Kasus Perundungan di Lingkungan Sekolah

Rabu, 04 Oktober 2023 – 08:30 WIB
Pemkab Bekasi Bentuk Satgas TPPK Demi Mencegah Kasus Perundungan di Lingkungan Sekolah - JPNN.com Jabar
Ilustrasi perundungan. Ilustrator: dokumen JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi membentuk Satuan Tugas (Satgas) Tim Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan (TPPK) di lingkup satuan pendidikan sebagai respons cepat sekaligus pencegahan terhadap kasus perundungan yang melibatkan pelajar.

Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan Satgas TPPK dibentuk sebagai upaya menghentikan dan mencegah kasus perundungan di lingkup satuan pendidikan.

"Saya sudah menginstruksikan Dinas Pendidikan menyusun perbup (peraturan bupati) tentang pembentukan Satgas TPPK. Insyaallah perbup sudah terbit dalam 1-2 hari ini," katanya.

Perbup tersebut menjadi landasan pembentukan dan operasional Satgas TPPK dalam menjalankan tugas-tugas pencegahan aksi perundungan sebagaimana terjadi beberapa hari yang lalu di Kecamatan Cibarusah.

Ia mengaku sudah ada penyelesaian secara musyawarah oleh pihak sekolah dengan keluarga pelaku maupun korban kasus perundungan terhadap dua orang pelajar di Cibarusah yang sempat viral di media sosial.

"Namun, karena sudah menjadi konsumsi publik maka aparat kepolisian juga sudah turun tangan, sehingga terhadap para pelaku yang diduga terlibat melakukan tindakan kekerasan, saat ini sudah ditangani oleh Polres Metro Bekasi," katanya.

Pihaknya juga telah menugaskan Kepala Dinas Kesehatan melalui rumah sakit maupun fasilitas kesehatan terdekat untuk memberikan perawatan kepada para korban yang mengalami luka fisik akibat tindak kekerasan tersebut.

"Adapun untuk pengobatan trauma psikis akan ditangani Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bekasi," katanya.

Pemkab Bekasi membentuk Satgas TPPK di lingkup satuan pendidikan sebagai respons cepat dan pencegahan terhadap kasus perundungan yang melibatkan pelajar.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News