Kereta Cepat Jadi Wisata Baru, Pemprov Minta Ada Buah Tangan Khas Jabar untuk Wisatawan

Kamis, 21 September 2023 – 15:00 WIB
Kereta Cepat Jadi Wisata Baru, Pemprov Minta Ada Buah Tangan Khas Jabar untuk Wisatawan - JPNN.com Jabar
Ilustrasi: Kereta cepat Jakarta Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Menjelang operasional Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) secara komersil pada 1 Oktober 2023, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mulai memikirkan opsi-opsi untuk memberikan pengalaman kepada wisatawan.

Salah satunya dengan menggandeng UMKM untuk membuat oleh-oleh khas Jawa Barat yang nanti didapatkan penumpang kereta cepat.

“Operasional komersil kereta cepat ini mulai 1 Oktober. Kami minta agar Pemdaprov Jabar berkoordinasi dengan KCIC, juga dengan asosiasi-asosiasi mendukung seperti akses, atau dibuatkan city tour. Kami jemput bola, jangan sampai menunggu,” kata Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin dalam keterangannya, Kamis (21/9).

Kata Bey, tidak seluruh penumpang kereta cepat pergi untuk sebuah keperluan. Ada juga, penumpang yang memang hanya ingin merasakan pengalaman naik kereta berkecepatan maksimum 354 km per jam itu.

“Ada masyarakat yang cuma mencoba terus puter-puter, lalu balik lagi. Jadi disediakan kuliner, oleh-oleh, kerajinan, dan lain sebagainya,” ucap Bey.

Bey menjelaskan, Pemprov Jabar bisa menggandeng UMKM untuk menampilkan kuliner, kerajinan, kegiatan wisata, dan budaya sehingga memberi kesan kepada penumpang.

Selain itu, wisatawan juga bisa sekaligus membawa buah tangan saat berkunjung ke Bandung menggunakan kereta cepat.

“Kami ingin memastikan ada kenang-kenangan sudah datang ke daerah Jawa Barat,” ujarnya.

Pemprov Jabar tengah membahas soal oleh-oleh yang akan didapatkan wisatawan tiap kali menaiki kereta cepat Jakarta Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News