Ternyata Ini Penyebab Kemacetan Puncak, Kabupaten Bogor Akhir Pekan Kemarin

Senin, 28 Februari 2022 – 14:10 WIB
Ternyata Ini Penyebab Kemacetan Puncak, Kabupaten Bogor Akhir Pekan Kemarin - JPNN.com Jabar
Potret kemacetan arus lalu lintas di exit tol Gadog, Megamendung, Kabupaten Bogor. Foto Ilustrasi: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Kemacetan yang terjadi di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, pada Minggu (27/2) kemarin, sempat ramai di sejumlah media sosial.

Kemacetan itu membuat banyak pengendara terjebak selama berjam-jam, lantaran kendaraanya sama sekali tak bisa bergerak akibat peningkatan volume lalu lintas di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, akhir pekan kemarin.

Diduga, kemacetan parah yang terjadi di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor akibat banyaknya wisatawan yang ingin berlibur. Mengingat pada pekan ini libur panjang Isra Mikraj disusul Libur Nyepi.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru mencatat, sebanyak 484.038 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-3 hingga H-1 libur Isra Mikraj yang jatuh pada periode Jumat (25/2) hingga Minggu (27/2).

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat gerbang tol (GT) barrier/utama.

Yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

"Volume lau lintas yang meninggalkan wilayah Jabotabek pada periode libur Isra Mikraj naik 26,87 persen, jika dibandingkan lalu lintas normal periode Februari 2022 dengan total 381.516 kendaraan," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima JPNN.com pada Senin (28/2).

Dari 484.038 kendaraan yang meninggal Jabodetabek pada periode libur Isra Mikraj, kendaraan terbanyak meninggalkan Jabodetabek hendak menuju kawasan Trans Jawa dan Bandung.

484 ribu kendaraan meninggalkan Jabotabek pada periode libur Isra Mikraj, 121 ribu di antaranya menuju Puncak, Kabupaten Bogor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News