600 Kendaraan Dinas Kabupaten Bogor Jalani Uji Emisi

Rabu, 06 September 2023 – 00:30 WIB
600 Kendaraan Dinas Kabupaten Bogor Jalani Uji Emisi - JPNN.com Jabar
Ilustrasi pelaksaan uji emisi. Foto: Sarlantas.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten Bogor berencana akan mengadakan uji emisi kendaraan dinas secara serentak di Stadion Pakansari Cibinong, Rabu (6/9).

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Bambam Setia Aji menjelaskan bahwa akan ada sekitar 600 kendaraan pelat merah milik Pemerintah Kabupaten Bogor yang menjalani uji emisi.

Jumlah tersebut, kata dia, 50 persen dari jumlah kendaraan secara keseluruhan yang menjadi aset Pemerintah Kabupaten Bogor, sedangkan sisa kendaraan lainnya dilakukan uji emisi pada kemudian hari.

"Kami bekerja sama dengan Dishub (Dinas Perhubungan) dan kepolisian dalam penyelenggaraan uji emisi ini," ujarnya, Selasa (5/9).

Ia menjelaskan jika ada kendaraan yang melebihi ambang batas emisi maka Dinas Perhubungan akan menindaklanjuti dengan cara memperbaiki.

Sebelum diperbaiki, kendaraan yang tidak lolos uji emisi akan tercatat di aplikasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan tidak diperkenankan memasuki lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor sebelum diperbaiki.

"Di aplikasi tersebut nanti kelihatan di aplikasi KLHK itu tidak boleh masuk ke areal pemerintahan, minimal seperti itu. Kelihatannya nanti akan ada kebijakan lain dari KLHK terkait itu," kata dia.

Ia mengatakan uji emisi kendaraan itu juga sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Mendagri Nomor 2 Tahun 2023 tentang Pengendalian Polusi Udara di Daerah Jabodetabek. (antara/jpnn)

Sebanyak 600 kendaraan dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor jalani uji emisi. Hal itu dilakukan untuk mengurangi polusi udara di wilayah Tegar Beriman

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News