Kisah Inspiratif UMKM Bandung Menembus Pasar Dunia

Sabtu, 26 Agustus 2023 – 12:25 WIB
Kisah Inspiratif UMKM Bandung Menembus Pasar Dunia - JPNN.com Jabar
Wendi Paisal, Pemilik usaha fesyen rajut asal Kota Bandung berhasil menembus pasar dunia. Foto: Ridwan Abdul Malik/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Perjalanan UMKM lokal asal Bandung, yang berusaha meraih pengakuan internasional melalui platform digital, telah membuahkan hasil yang membanggakan. Kisah inspiratif ini milik Wendi Paisal, pengusaha di balik toko online "Indah Fashion 26," yang berhasil menjajaki pasar global melalui program Ekspor Shopee.

Wendi menjadi bukti nyata betapa efektifnya digitalisasi dalam memperluas jangkauan bisnis. Meski pada awalnya hanya memiliki modal terbatas, Wendi berhasil mencapai pencapaian yang signifikan.

Bertempat di Buah Batu, Bandung, Wendi mengawali perjalanan dengan menjual produk-produk fesyen untuk wanita. Melalui usaha ini, ia berhasil menghasilkan omzet ratusan juta rupiah. Tidak hanya itu, Wendi juga memberdayakan komunitas sekitar untuk terlibat dalam proses produksi sweater dan pakaian rajut yang akhirnya diekspor ke pasar Singapura dan Malaysia.

Sebelumnya, Wendi merupakan pemasok pakaian rajut kepada pengecer. Namun, persaingan harga yang sengit membuat usahanya tidak menguntungkan, dan omzetnya mengalami penurunan drastis karena kalah bersaing dengan pesaing lain.

Merasa terdesak oleh situasi tersebut, Wendi akhirnya memutuskan untuk memasarkan produknya sendiri. Dengan modal keyakinan dan uang sebesar Rp 1 juta yang diperoleh dari gadai perhiasan emas milik istrinya, Wendi mendirikan toko online bernama "Indah Fashion 26" di platform Shopee.

Wendi kemudian menggali pengetahuan tentang strategi pemasaran dari berbagai sumber, termasuk Kampus UMKM Shopee Ekspor Bandung. Dengan bimbingan ini, Wendi berhasil memaksimalkan fitur iklan Shopee untuk meningkatkan performa toko online-nya.

Upaya ini membuahkan hasil dengan pesanan yang terus mengalir ke toko "Indah Fashion 26," dengan kemampuan melayani hingga 450 pesanan dalam sehari. Omzet penjualan pun melonjak hingga 60 persen, dan toko ini berhasil mengumpulkan lebih dari 60 ribu pengikut.

Namun, bagi Wendi, pencapaian ini tidak hanya sekadar tentang peningkatan omzet. Ia merasa terutama bangga karena berhasil menarik minat pembeli dari luar negeri, khususnya dari Malaysia dan Singapura, melalui Program Ekspor Shopee.

Melalui program Ekspor Shopee, UMKM asal Kota Bandung berhasil menembus pasar dunia. Begini kisahnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News