Ridwan Kamil Tak Yakin Penyebab Kebakaran TPA Sarimukti Akibat Puntung Rokok

Jumat, 25 Agustus 2023 – 19:00 WIB
Ridwan Kamil Tak Yakin Penyebab Kebakaran TPA Sarimukti Akibat Puntung Rokok - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau kebakaran di TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (25/8). Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, BANDUNG BARAT - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut dugaan puntung rokok sebagai penyebab kebakaran di TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat masih perlu dibuktikan.

Kata dia, untuk mengungkap penyebab kebakaran masih diperlukan pembuktian apa yang menjadi sebab kebakaran lahan sampah di TPA Sarimukti itu.

“Per hari ini kami belum meyakini 100 persen, tetapi dari laporan di awal hari kelihatannya ada insiden (puntung rokok),” kata Ridwan Kamil di TPA Sarimukti, Jumat (25/8).

Pria yang karib disapa Emil itu menyampaikan, untuk mengungkap sebab kebakaran gunungan sampah ini perlu dilakukan kajian secara ilmiah dengan melihat fakta objektif di lokasi kejadian.

“Secara ilmiah kami membutuhkan cukup waktu untuk membuktikan (puntung rokok) itu sebagai penyebab kebakarannya,” ucapnya.

Namun, ia meyakini ada kandungan gas metan yang memperparah kondisi kebakaran di tumpukan sampah itu.

Gas metan dari fermentasi sampah itu berada di lapisan bawah sampah yang menyebabkan api sulit padam.

“Kebakaran ini dampak dari musim kemarau. Bahwa di dalam tumpukan sampah itu ada gas metan, betul. Kami tahu, tumpukan sampah ini ada gas metanyang panas dan menimbulkan kebakaran kalau ada oksigen,” tuturnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ungkap penyebab kebakaran TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News