Pemerintah Pamerkan Desain Rumah Tahan Gempa di Bogor Fest 2023

Jumat, 25 Agustus 2023 – 01:00 WIB
Pemerintah Pamerkan Desain Rumah Tahan Gempa di Bogor Fest 2023 - JPNN.com Jabar
Rumah tahan gempa dengan metode RISHA dipamerkan dalam Bogor Fest 2023 di area Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (24/8/2023). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Bogor)

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor memamerkan rumah tahan gempa pada gelaran Bogor Fest 2023 di Stadion Pakansari.

Kepala DPKPP Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika menjelaskan pihaknya sengaja membangun rumah tahan gempa tersebut di tengah-tengah kemeriahan Bogor Fest untuk mengenalkan kepada masyarakat mengenai struktur bangunan rumah yang murah dan sederhana tetapi tetap kuat.

Rumah tahan gempa ini menggunakan metode RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat), yang dikembangkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR).

"Kami membangun rumah ini hanya sekitar 7 hari. Masyarakat pun bisa membangunnya sendiri dengan biaya sangat terjangkau dan pengerjaannya sangat cepat," kata Ajat.

Menurut dia, rumah dengan metode RISHA ini bahkan pembangunannya bisa diselesaikan dalam waktu satu hari jika pengerjaannya melibatkan banyak orang.

Ajat menjelaskan Kabupaten Bogor merupakan daerah rawan bencana yang kerap kali membutuhkan hunian baru bagi warga terdampak sehingga, membutuhkan metode pembangunan hunian yang singkat atau cepat.

"Sehingga metode RISHA ini bisa diterapkan jika butuh membangun hunian tetap bagi korban bencana alam. Selain tahan gempa, dengan bangunan rumah dengan metode ini, bisa tahan hingga 20 tahun," jelas Ajat.

RISHA merupakan penemuan teknologi konstruksi knock down yang dapat dibangun dengan waktu cepat, menggunakan bahan beton bertulang pada struktur utamanya.

Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor memamerkan rumah tahan gempa pada gelaran Bogor Fest 2023.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News