Germat Kota Bogor Dorong Kapten Inf Purn Tb A Basuni Jadi Pahlawan Nasional

Senin, 21 Agustus 2023 – 22:45 WIB
Germat Kota Bogor Dorong Kapten Inf Purn Tb A Basuni Jadi Pahlawan Nasional - JPNN.com Jabar
Gerakan Mahasiswa Advokasi Masyarakat (Germat) saat menggelar aksi damai di Balai Kota Bogor. Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Belasan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Advokasi Masyarakat (Germat) menggelar aksi damai di Balai Kota Bogor, pada Senin (21/8).

Aksi damai yang dilakukan mahasiswa itu bertujuan untuk mengusulkan mendiang Kapten Inf Purn Tb A Basuni menjadi pahlawan nasional ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

Keluargan mendiang Kapten Inf Purn Tb A Basuni, Hendra Bayu Rota mengatakan aksi damai ini dilakukan untuk meminta pengakuan dari Pemkot Bogor, sekaligus mendaftarkan sosok Kapten Inf Purn Tb Basuni menjadi Pahlawan Nasional.

"Salah satu dari sekian banyak sosok orang yang telah berjasa untuk bangsa ini, akan tetapi (Tb Basuni) diabaikan dan tidak pernah dihargai oleh Pemkot Bogor," kata Hendra.

Saat Tb Basuni wafat pada tahun 1992, sebenarnya akan di makamkan di Taman Makam Pahlawan, hanya saja pihak keluarga dalam hal ini istri almarhum meminta untuk di makamkan di TPU.

"(Sebenarnya) visi misi mahasiswa yang berunjuk rasa ini mendukung kami sebagai ahli waris untuk menyampaikan orasinya agar Tb Basuni diakui di Bogor sebagai pahlawan," ucap dia.

Kemudian, keberadaan Kapten Inf Purn Tb Basuni di internet terbilang mulai tenggelam dan mulai dilupakan. Di mana, pada 1992 nama Tb Basuni masih berseliweran di internet, tetapi pada 2015 mulai menghilang.

Adapun, pernyataan sikap sebagai ahli waris menilai orang tuanya dilupakan sebagai sosok pahlawan, bahkan selain dilupakan, pemerintah terkesan abai terhadap ahli waris alias keturunan Kapten Inf Purn Tb Basuni.

Gerakan Mahasiswa Advokasi Masyarakat (Germat) mendorong pemerintah agar menjadikan mendiang Kapten Inf Purn Tb A Basuni sebagai pahlawan nasional.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News