27 Alun-alun di Jabar Selesai Direvitaliasi di Era Ridwan Kamil

Selasa, 08 Agustus 2023 – 21:00 WIB
27 Alun-alun di Jabar Selesai Direvitaliasi di Era Ridwan Kamil - JPNN.com Jabar
Alun-alun Kota Bogor. Foto : Dokumen Pribadi.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Berdasarkan data dari Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Jabar, tercatat ada 27 alun-alun kabupaten/kota yang disulap oleh Ridwan Kamil di sepanjang kepemimpinannya di Jawa Barat.

Kabid Kawasan Permukiman Disperkim Jabar, Tri Budi Hendryanto mengatakan penataan alun-alun tersebut tersebar di 15 kabupaten dan 6 kota.

"Alun-alun sampai saat ini total 27 sudah dibangun dan sedang dibangun dari 2020-2023," ucapnya saat Diskusi Galang Aspirasi Politik (Gaspol) Edisi XII bertajuk "Infrastruktur Juara Demi Kebermanfaatan Warga" di Mercure Hotel, Kota Bandung, Selasa (8/8).

Dia menjelaskan revitalisasi alun-alun itu merupakan bagian dari visi misi Gubernur Jabar 2018-2023.

Tujuannya tak lain menjadikan alun-alun ini sebagai sebuah ruang warga untuk mencerminkan kekayaan dan perkembangan budaya kabupaten/kota itu sendiri.

Misalnya Alun-alun Kabupaten Pangandaran yang dibangun di atas lahan seluas 14.064,697 meter persegi.

Ruang terbuka publik tersebut dilengkapi fasilitas lapangan upacara, area bermain, amphitheater dan shelter UMKM untuk mendorong inovasi dan kreativitas masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat Kabupaten Pangandaran.

"Alun-alun Kabupaten Pangandaran ini diberi nama spesial oleh Gubernur Ridwan Kamil yaitu Alun-alun Pangbagea yang merupakan singkatan dari Pangandaran Bagja, Endah dan Asri," terangnya.

Berdasarkan data yang ada, sebanyak 27 alun-alun di Jawa Barat selesai direvitalisasi di era kepemimpinan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News