Kabupaten Bandung Diguncang Gempa Bumi

Jumat, 04 Agustus 2023 – 12:45 WIB
Kabupaten Bandung Diguncang Gempa Bumi - JPNN.com Jabar
Ilustrasi gempa bumi. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BANDUNG - Gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Bandung pagi tadi, sekitar pukul 10.19 WIB, Jumat (4/8).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa dengan kekuatan 3,2 SR itu titiknya berada di darat dengan jarak 39 kilometer Tenggara dan kedalaman 5 kilometer.

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Bandung ini merupakan gempa yang dangkal, berdasarkan lokasi dan kedalaman episenter.

Penyebabnya, karena terdapat aktivitas sesar lokal setempat.

“Gempa bumi dirasakan di wilayah Pangalengan, Cikajang, Bayongbong, Cisurupan. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” kata Teguh dikonfirmasi.

Teguh menuturkan, sampai saat ini pihaknya belum menerima adanya laporan kerusakan yang disebabkan gempa bumi. Adapun, hingga pukul 11.00 WIB, belum terdapat gempa bumi susulan.

“Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan,” tuturnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Wilayah Kabupaten Bandung pagi tadi diguncang gempa bumi dengan kekuatan 3,2 SR. Begini penjelasan BMKG.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News